***[PERLU BIMBINGANI]***

“Berguru dalam meghafal al-Qur’an sangat bermanfaat untuk mendapatkan bimbingan cara tilawah yang benar dan motivasi saat menghafal.” [Al-Hafizh al-Ustadz Abdul Azis Abdur Rauf, Lc.]

=================================

2 hal di atas; yaitu bimbingan cara tilawah yang benar dan motivasi adalah keuntungan terbesar dari talaqqi atau berguru langsung pada seorang guru tahfizh atau keumuman guru al-Qur’an. Dan tentunya, guru yang baik adalah yang tidak mematuk target di luar kemampuan general muridnya. Juga, guru yang baik adalah yang tidak memfokuskan pencapaian kuantitas sementara kualitasnya dikesampingkan, sebagaimana yang jamak terjadi di beberapa komunitas tahfizh, terutama beberapa pesantren khusus tahfizh.

Cara tilawah yang benar sangat vital dipelajari sebelum memulai hafalan. Sekiranya ada seorang hafizh -dan memang ada-, yang dijadikan imam, namun rupanya bacaannya jauh dari kebenaran pembacaan, maka mungkin ini tidak diperhatikan oleh kalangan awam, tetapi hal ini sangat disesalkan oleh orang-orang yang mengerti ilmu Tajwid. Inilah akibatnya jika kualitas dikesampingkan dan kuantitas dikedepankan.

Kemudian, motivasi adalah hal yang selalu dibutuhkan para murid. Tidak hanya dalam perkara tahfizh, melainkan dalam keumuman pembelajaran rutin. Kerap para murid mengalami kejenuhan, terutama yang sedari awal niatan menghafal al-Qur’annya tidak bersih dan tercampur kepentingan dan hasrat duniawi. Seorang guru (yakni: pendidik) yang baik harus sering memotivasi dan mengingatkan para muridnya; terutama masalah hati, yakni: keikhlasan. Kemudian, masalah istiqamah. Kemudian, masalah amanah dan tanggung jawab kelak setelah menghafal. Kemudian, masalah ganjaran atau dosa sebagai konsekuensi dari menghafal.

Maka, teman-teman, carilah guru yang semoga bisa membimbing kita untuk menghafal al-Qur’an. Jika kita mengharapkan anak-anak kita menjadi shaleh dan hafal al-Qur’an, maka mulailah dari diri sendiri. Baarakallaahu fiikum.
=====================================
Insya Allah tiap hari kami (akun Hasan al-Jaizy) berusaha memberikan kalimat-kalimat #MOTIVASI menghafal al-Qur’an milik al-Hafizh Abdul Azis Abdur Rauf, Lc, yang kami ambil dari al-Qur’an Hafalan al-Hafizh; kemudian kami beri ta’liq. Semoga antum/antunna rajin membacanya; sehingga Allah jadikan kita semua (suami/istri/anak/keluarga) sebagai pembaca terlebih penghafal al-Qur’an semampunya. Baarakallaahu fiikum.
=====================================
Di antara kajian Tafsir al-Qur’an yang insya Allah bermanfaat buat antum:

Please, jangan sungkan untuk menyebarkannya. Jazaakumullaahu khayra.

Facebook Hasan Al-Jaizy Al-Jaizy

(nahimunkar.com)

(Dibaca 838 kali, 1 untuk hari ini)