? .. Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz رحمه الله

? Pertanyaan: Berapa saksi yang mencukupi untuk melihat hilal bulan Syawwal? Seandainya satu orang telah melihatnya dan ia rahasiakan pada dirinya, apakah melazimkan dirinya berbuka atau berpuasa? Semoga Allah membalas kebaikan kepada anda.

? Jawaban: Harus ada dua orang saksi yang adil dalam menetapkan semua bulan selain bulan Ramadhan. Sehingga untuk menetapkan masuknya bulan Ramadhan sudah cukup hanya dengan persaksian seorang yang adil (jujur dan terpercaya) menurut pendapat paling shahih diantara dua pendapat para ‘ulama. Karena telah tetap dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma bahwa beliau berkata:

تراءى الناس الهلال فأخبرت النبي صلى الله عليه وسلم أني رأيته فصام و أمر بالصيام

“Orang-orang memperhatikan (berusaha melihat) hilal. Maka aku kabarkan kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam bahwa aku telah melihatnya. Maka beliau pun berpuasa dan memerintahkan orang-orang berpuasa.” (1) Hadits ini memiliki penguat yang hasan dari hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

? Dan apabila satu orang telah melihat hilal namun persaksiannya tidak diterima, maka ia tidak berpuasa sendiri dan tidak berbuka sendiri menurut pendapat paling shahih di antara dua pendapat para ‘ulama. Bahkan wajib atasnya untuk berpuasa dan berbuka bersama manusia. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam:

الصوم يوم تصومون والفطر يوم تفطرون والأضحى يوم تضحون

“Puasa itu pada hari kalian berpuasa, berbuka itu pada hari kalian berbuka, dan menyembelih itu (‘ldul Adha) pada hari kalian menyembelih.” (2)

☝? Dan Allah sajalah pemberi taufik.

***

? Sumber: http://www.binbaz.org.sa/node/401

? Kunjungi || http://forumsalafy.net/satu-orang-yang-adil-jujur-terperca…/

*****

Catatan Kaki:

HR Abu Dawud di “ash-Shaum” bab Syahadatul Wahid ‘ala ru’yati hilali Ramadhana no: 2342
HR at-Tirmidzi di “ash-Shaum” bab ma jaa: ash-shaum yauma tashuumuun wal fithru yaumatufthiruun no:697

 WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy

?????????????

Via FB Abu Zidane ke AL-FIRQAH AN-NAJIAH (Jalan Golongan yang Selamat)

(nahimunkar.com)

(Dibaca 8.539 kali, 1 untuk hari ini)