10 Cara Menjaga Kesehatan pada Usia Lanjut

 


 

Keutamaan Umur Panjang Disertai Ketaatan

Sesungguhnya panjang umur merupakan modal untuk meraih kedudukan yang tinggi di sisi Allâh Subhanahu wa Ta’ala . Namun jika umur yang panjang dipenuhi dengan keburukan, maka pemiliknya menjadi orang yang paling buruk.

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِى بَكْرَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَجُلاً قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ ». قَالَ فَأَىُّ النَّاسِ شَرٌّ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ »

Dari Abdurrahman bin Abu Bakrah, dari bapaknya, bahwa seorang laki-laki berkata, “Wahai Rasûlullâh, siapakah manusia yang terbaik?” Beliau menjawab, “Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya”. Dia bertanya lagi, “Lalu siapakah orang yang terburuk?” Beliau menjawab, “Orang yang berumur panjang dan buruk amalnya”. [HR. Ahmad; Tirmidzi; dan al-Hâkim. Dishahihkan oleh al-Albâni rahimahullah dalam Shahîh at-Targhîb wat Tarhîb, 3/313, no. 3363, Maktabul Ma’arif, cet. 1, th 1421 H / 2000 M]

Kenapa orang yang panjang umurnya dan baik amalnya merupakan orang terbaik ? Karena orang yang banyak kebaikannya, setiap kali umurnya bertambah maka pahalanya juga bertambah dan derajatnya semakin tinggi. Kesempatan hidupnya merupakan tambahan pahala dengan sebab nilai amalannya yang terus tambah, walaupun hanya sekedar istiqâmah di atas iman. Karena apakah yang lebih besar dari iman di dalam kehidupan ini?

Sebaliknya, seburuk-buruk orang adalah orang yang panjang umurnya dan buruk amalnya, karena waktu dan jam seperti modal bagi pedagang. Seyogyanya, dia menggunakan modalnya dalam perdagangan yang menjanjikan keuntungan. Semakin banyak modal yang diinvestasikan, maka keuntungan yang akan diraihnya juga semakin banyak. Barangsiapa melewatkan hidup untuk kebaikannya maka dia telah beruntung dan sukses. Namun barangsiapa menyia-nyiakan modalnya, dia tidak akan beruntung dan bahkan merugi dengan kerugian yang nyata”. [Lihat Faidhul Qadîr, 3/480]/ almanhaj.or.id

***

10 Cara Menjaga Kesehatan pada Usia Lanjut

 

Bisnis.com, JAKARTA – Tetap sehat di usia lanjut menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu diperlukan persiapan yang baik sejak prausia lanjut, (45–59 tahun), bahkan sedari muda agar kesehatan usia lanjut menjadi lebih baik.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (1/6/2016), sesuai dengan Pasal 1 UU No.13/1998 Kesejahteraan Usia Lanjut, digariskan bahwa Lanjut Usia Potensial adalah lanjut usia yang masih mampu melakukan pekerjaan atau kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa.

Pola hidup menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan, terutama pola hidup sehat.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat di usia lanjut:

1. Mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

2. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, sekurang-kurangnya 1 tahun sekali, untuk deteksi dini terhadap penyakit kronis, dan gunakan obat sesuai anjuran petugas kesehatan.

3. Pengaturan gizi/diet seimbang (makanlah beraneka ragam makanan, diet sesuai kebutuhan gizi yang dianjurkan sesuai kondisi kesehatan meliputi sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, banyak makan sayur dan buah guna kebutuhan vitamin, mineral dan serat).

4. Memelihara kebersihan tubuh secara teratur (mandi dua kali sehari dengan sabun mandi), dan gunakan pakaian, serta alas kaki yang nyaman dan aman.

5. Memelihara kebersihan gigi dan mulut (menggosok gigi dua kali sehari), apabila menggunakan gigi palsu dilepas dan dibersihkan setiap hari.

6. Biasakan melakukan aktivitas fisik (berjalan, mencuci, menyapu, dan lainnya.), latihan fisik (senam, berjalan, berenang) sekurangnya 30 menit sehari 3 kali seminggu.

7. Jauhi asap rokok dan zat adiktif lainnya (tidak merokok, minuman keras, ganja).

8. Kembangkan hobi sesuai dengan kemampuan.

9. Istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik.

10. Terus melakukan kegiatan mengasah otak seperti : membaca buku, dan bersosialisasi.

https://lifestyle.bisnis.com
Thomas Mola – Bisnis.com01 Juni 2017  |  20:14 WIB

 

Ilustrasi/ foto starjogja.com

(nahimunkar.org)

(Dibaca 324 kali, 1 untuk hari ini)