ilustrasi


Darah merupakan zat penting bagi tubuh karena darah membawa oksigen dan nutrisi ke dalam seluruh jaringan di tubuh. oleh karena itu keberadaan darah di dalam tubuh menjadi sangat penting dan tidak bisa dihindarkan lagi. Adanya kelainan di dalam darah juga bisa menjadi masalah serius lainnya misalnya saja masalah darah kental. Pengentalan darah ini sebenarnya adalah hal yang normal jika tubuh sedang terjadi luka karena dengan mengentalnya atau membekunya darah ini membuat tubuh menjadi tidak kehabisan darah.

Sindrom darah kental menjadi salah satu isu yang ada saat ini, sebenarnya darah kental terjadi karena di dalam darah mengalami kekurangan trombosit sehingga zat darah saling menempel satu sama lain sehingga darah menjadi kental. Gejala darah kental ini bisa dilihat dari seringnya rasa sakit migraine datang yang menjadi indikasi bahwa terjadi kekurangan oksigen di dalam otak. Jika ini terus berlanjut maka bisa menjadi penyakit yang lebih serius lagi seperti stroke dan jantung. Adapun beberapa gejala darah kental adalah sebagai berikut:

Penyebab Darah Kental

Banyak orang tidak mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terjadinya pengentalan darah. anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab darah menjadi kental supaya anda bisa mendiagnosa lebih awal dan bisa mendapatkan pengobatan lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab darah kental yang perlu anda ketahui:

  1. Alkohol

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa alkohol itu berbahaya dan itu memang benar adanya. Alkohol bisa menyebabkan berbagai penyakit salah satunya adalah darah kental. Alkohol yang masuk ke dalam tubuh bisa melebihi jumlah air yang ada sehingga tubuh akan menjadi dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh ini mampu mengentalkan darah karena air sebagai pengencer alami darah sudah berkurang. Jika ini terjadi terus-menerus maka bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit kronis dalam jangka panjang.

  1. Kurang minum air putih

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa jika tubuh kekurangan cairan maka bisa menyebabkan pengentalan darah. Tubuh bisa terkena dehidrasi jika kekurangan mengkonsumsi air putih tiap harinya. Bukan hanya sebagai pengencer darah secara alami saja namun air putih juga bisa mengembalikan stamina dengan mengembalikan mineral yang hilang setelah anda melakukan pekerjaan atau aktivitas lainnya. namun ironisnya saat ini banyak orang lebih memilih minum kopi atau teh dan minuman energi lainnya yang memiliki rasa lebih enak, padahal air putih adalah pilihan yang terbaik bagi tubuh.

  1. Merokok

Jika anda merokok maka kemungkinan anda mengalami darah kental akan semakin besar. Di dalam rokok terdapat zat nikotin dimana zat ini bisa menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Darah yang tidak lancar ini akan menggumpal dan akhirnya menjadi darah kental. Untuk mengatasinya sebaiknya anda hentikan kebiasaan merokok dan juga minum-minuman keras supaya anda terhindar dari pengentalan darah.

  1. Tubuh Kurang Bergerak

Jika anda memiliki aktivitas yang tidak memiliki banyak gerakan seperti misalnya hanya duduk, berdiri, menghadap laptop dan sebagainya maka anda akan mengalami pengentalan darah lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki banyak gerakan setiap harinya. Aktivitas tubuh yang monoton bisa membuat aliran darah menjadi terhambat dan pada akhirnya menjadi darah kental.

  1. Kolestrol

Jika anda memiliki kadar kolestrol jahat LDL cukup tinggi di dalam tubuh maka anda harus mengatasinya karena kolestrol juga bisa menjadi salah satu sebab dari proses pengentalan darah. hal ini tentunya tidak mengherankan lagi jika para penderita kolestrol pada akhirnya terkena berbagai jenis penyakit serius seperti stroke, jantung dan serangan jantung.

  1. Kerusakan Endotel

Penyebab lainnya yang bisa mengentalkan darah adalah adanya kerusakan endotel. Endotel merupakan bagian di dalam tubuh yang berfungsi dalam proses pembekuan darah saat terjadi luka. Jika endotel ini rusak maka trombosit akan saling menempel satu sama lain sehingga menyebabkan darah mengalami pengentalan dan akan menjadi susah mengalir.

  1. Sindrom Darah Kental

Penyebab lainnya adalah sindrom darah kental yang menyebabkan trombosit darah saling menempel sehingga darah menjadi kental. Sindrom darah kental ini harus segera ditangani supaya darah bisa mengalir lebih lancar.

  1. Pola Makan

60% kasus darah kental disebabkan oleh pola makan. Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan darah mengental karena saat seseorang tidak makan teratur makan menu makannya pun akan cenderung tidak teratur dan tidak sehat.

  1. Kekurangan Trombosit

Jika di dalam darah kekurangan trombosit maka bisa menyebabkan darah kental. Trombosit merupakan zat yang memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah. jika trombosit ini sedikit maka darah akan saling menempel dan menjadi darah kental.

  1. Stress

Stress atau depresi memang tidak baik untuk kesehatan dan hal ini memang benar adanya. Stress ternyata mampu menyebabkan mengentalnya darah hal ini dikarenakan saat seseorang stress maka pembuluh darah akan mengalami penyempitan dan menyebabkan aliran darah terhambat. Terhambatnya aliran darah ini kemudian menyebabkan darah menjadi mengental.

  1. Radikal Bebas

Saat ini banyak jenis radikal bebas yang bertebaran di udara seperti polusi dari asap industri, kendaraan bermotor dan rokok. Meningkatnya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh maka akan menyebabkan resiko darah mengental menjadi semakin tinggi.

  1. Genetic

Jika anda ingin menyalahkan keluarga anda mungkin ini saat yang tepat jika anda mengalami darah kental. Ya, ini karena darah kental juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau genetic. Hal ini juga berlaku jika anda mewarisi virus hepatitis dari orang tua maka kemungkinan anda akan terkena sindrom darah kental juga akan semakin besar.

  1. Suhu Dingin

Hal ini mungkin sudah cukup jelas dimana suhu dingin mampu membekukan darah. hal ini terutama jika suhu dingin datang dalam waktu yang sangat mendadak seperti saat naik pesawat, naik gunung dan di luar atmosfer bumi. Jika tubuh mengalami perubahan suhu yang mendadak maka secara otomatis akan menyebabkan darah mengental dengan mudah.

Berbagai penyebab darah kental yang sudah di paparkan di atas bisa anda hindari supaya anda tidak mengalami komplikasi darah kental.

Makanan Pengencer Darah Kental

Jika anda mengalami gejala dari darah kental maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter supaya mendapatkan diagnose dan pengobatan yang tepat dan optimal. Untuk memaksimalkan pengobatan anda juga bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa mengencerkan darah kental. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk mengencerkan darah yang kental :

  1. Buah-buahan

Ada beberapa jenis buah-buahan yang mampu mengencerkan darah kental terutama buah yang mengandung vitamin K dan E serta buah-buahan yang mengandung banyak enzim bromelain diantaranya seperti kiwi, jahe, anggur, manggis, nanas dan tomat. Makanlah buah tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Cuka Apel

Salah satu jenis makanan untuk mengencerkan darah yang kental adalah cuka apel. Di dalam cuka apel terdapat kandungan kalium tinggi sehingga mampu memecah lemak dan protein yang ada di dalam darah dimana lemak ini menjadi salah satu penyebab darah saling menempel satu sama lainnya. bukan hanya itu saja, cuka apel juga akan menekan produks hormone angiostesin II dimana hormone tersebut adalah salah satu penyebab dari penyempitan arteri. Cuka apel ini memiliki rasa yang enak dan segar sehingga anda bisa mengkonsusinya dengan enak dan juga bisa mengobati darah kental. Cukup tambahkan cuka apel pada makanan atau minuman dan anda akan dapat merasakan khasiatnya.

  1. Bawang Putih

Kandungan yang ada di dalam bawang putih mampu membantu mengencerkan darah kental penyebab berbagai jenis penyakit. Untuk mengkonsumsinya anda tidak perlu repot lagi karena saat ini sudah banyak tersedia suplemen bawang putih yang sudah beredar di pasaran dan bisa anda temukan dengan mudah di toko obat atau apotek. Harga dari suplemen bawang putih ini pun terjangkau. Namun sangat disarankan bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai dosis yang tepat karena jika salah dosis justru bisa membuat pendarahan yang cukup serius.

  1. Minum Air Putih Secukupnya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kekurangan air putih dapat membuat darah kental karena di dalam darah kekurangan cairan. Nah, untuk membantu mengencerkan darah maka anda disarankan untuk minum air putih secukupnya. Dokter menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas seharinya namun kebutuhan anda mungkin lebih kecil atau lebih besar dari 8 gelas per harinya. Jadi jika anda haus maka langsung saja minum dan jangan sampai anda mengalami dehidrasi.

  1. Nanas

Di dalam buah nanas terdapat kandungan enzim brolemain yang berfungsi mengencerkan darah kental. Setidaknya anda hanya harus makan buah nanas sebanyak 50 gram seharinya supaya kinerja dari enzim brolemain menjadi optimal.

  1. Tomat

Bukan hanya nanas saja, tomat juga memiliki kandungan enzim brolemain yang tinggi yang bermanfaat untuk mengencerkan darah. setidaknya anda harus mengkonsumsi tomat sebanyak 5 buah setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Suplemen Vitamin E

Sebagai obat yang cukup ampuh untuk mengencerkan darah maka anda disarankan untuk mengkonsumsi vitamin E. saat ini sudah banyak tersedia suplemen vitamin E di pasaran yang bisa anda temukan dengan mudah. Selain bermanfaat untuk mengencerkan darah juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit supaya tetap cerah dan sehat.

  1. Hangatkan Tubuh

Jika pengentalan darah disebabkan oleh suhu dingin maka sebaiknya anda segera menghangatkan tubuh. anda bisa berdekatan dengan perapian, penghangat ruangan, mengenakan sweater, jaket atau makan dan minum yang hangat seperti wedang jahe atau cokelat panas. Perlu anda ketahui bahwa jika terjadi pengentalan darah ini tidak boleh dilakukan pemijatan karena nantinya justru akan membuat penyakit yang lebih serius lagi. Anda lebih baik menggunakan gel hangat ke tubuh anda supaya tubuh menjadi hangat dan aliran darah menjadi lebih lancar.

  1. Hindari Zat Besi

Saat terjadi pengentalan darah, anda sangat tidak disarankan untuk makan, minum atau mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi. Darah akan semakin mengental jika mendapatkan asupan zat besi.

  1. Bekam

Nah cara lain yang bisa anda gunakan sebagai media pengencer darah adalah dengan cara bekam. Bekam akan mengeluarkan darah kotor dan darah yang menggumpal sehingga aliran darah akan menjadi lebih lancar. Saat ini sudah banyak penyedia jasa bekam yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

Demikian informasi mengenai cara mengencerkan darah kental yang bisa anda gunakan dengan aman. Berbagai jenis makanan yang sehat dan enak bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan yang menggugah selera makan anda. Sekian artikel kali ini, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

halosehat.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 53.074 kali, 71 untuk hari ini)