Menurut catatan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, jumlah pria penyuka sesama jenis alias gay terhitung jumlahnya mencapai sekitar dua ribu pria dan dimungkinkan jumlahnya masih akan terus bertambah hingga mencapai angka tiga ribu orang.

“Data terakhir terhitung sekitar dua ribu orang. Data ini kami peroleh dari salah satu komunitas gay yang ada di Bandung,” ujar Susatyo, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Kamis (3/3/2016).

Susatyo menjelaskan, jumlah kaum gay sebanyak itu bisa diperoleh lantaran sikap terbuka kaum gay itu sendiri, berbeda dengan lesbian ataupun transgender yang cenderung tertutup.

“Mereka ini biasanya nongkrong di mall-mall, taman-taman, dan beberapa area publik lainnya. Jadi orang-orang biasanya tidak curiga dengan pria yang nongkrong bareng pria lagi,” ucapnya.

Dari jumlahnya yang mencapai ribuan, Achyani Raksanagara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung menyebutkan, 260 orang gay yang ada di Kota Bandung dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS. Hal ini terjadi lantaran perilaku gay atau hubungan homoseksual memang rentan dan beresiko tertular HIV/AIDS.

Homoseksual adalah perilaku hubungan seksual berbahaya dan bisa jadi penyebab penularan HIV/AIDS. Sehingga sebisa mungkin hal itu harusnya dicegah.

/rnchpost

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.017 kali, 1 untuk hari ini)