• Lulusan LIPIA hendaknya mendakwahkan pentingnya al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai pedoman hidup.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) mewisuda 600 Sarjana Ilmu Syariah angkatan 30, 31, 32, dan 33 di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis (06/12/2012).

Acara tersebut dihadiri Prof. Sulaiman bin Abdullah Abal Khail, Rektor Universitas Imam Muhammad bin Saud (Induk dari LIPIA yang berpusat di Riyadh, Arab Saudi), Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar, Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa bin Ibrahim al-Mubarak, dan pejabat lainnya.

Prof Sulaiman mengatakan, LIPIA yang sudah berusia 28 tahun diharap jadi pusat ilmu syairah dan bahasa Arab terbaik di negeri ini. Direktur LIPIA, Dr. Khalid bin Muhammad ad-Daham juga berharap para alumni menjadi teladan umat. “Menjadi ulama serta mu’allimun,” katanya sebagaimana diberitakan hidayatullah.com  Kamis (06/12/2012).

Para lulusan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) diharap menjadi agen perubahan dan pengajar yang baik untuk umat Islam di Indonesia,

Lulusan LIPIA hendaknya mendakwahkan pentingnya al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai pedoman hidup, pesan Rektor Universitas Imam Muhammad bin Saud, Prof. Sulaiman bin Abdullah Abal Khail kepada lebih dari 600 lulusan LIPIA pada acara wisuda sarjana S1 LIPIA di Jakarta, Kamis (06/12/2012).

“Seperti hadits Nabi,

« تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ ».

Telah aku tinggalkan untuk kalian dua perkara, engkau tidak akan tersesat selamanya, (yakni) al-Qur’an dan as-Sunnah,” imbuhnya.

Sulaiman juga meminta para lulusan agar mengamalkan ilmunya. katanya, ilmu akan dipertanyakan di akhirat kelak. Di mana saat itu harta dan keluarga tidak bermanfaat sedikitpun.

LIPIA didirikan di Jakarta pada tahun Jumada Ula 1400 H (1980) dengan nama Lembaga Pengajaran Bahasa Arab (LPBA) sebagai cabang Universitas Imam Muhammad bin Saud di Riyadh, Arab Saudi. Pada 1406 H / 1986 M, LPBA berubah nama menjadi LIPIA seiring dengan bertambahnya jurusan di lembaga itu, tulis hidayatullah.com.

(nahimunkar.com)

(Dibaca 8.126 kali, 1 untuk hari ini)