700 Tahun Tidak Punya Masjid, Kanoute Wujudkan Impian Muslim Sevilla Spanyol



Mantan bintang klub sepak bola Sevilla Spanyol, Frédéric Oumar Kanoute membantu mengumpulkan 1 juta USD untuk membangun sebuah masjid di kota Seville, selatan Spanyol.

Mulai lebih dari satu tahun yang lalu, pemain Mali kelahiran Perancis ini mengumpulkan 1 juta USD (sekitar Rp 15 Miliar) dalam kampanye online pembangunan masjid bernama Kanoute4SevilleMosque.

“Ketika saya bermain untuk Sevilla, saya membantu komunitas Muslim dengan musalla sementara mereka. Sekarang mereka membutuhkan bantuan Anda untuk membangun sebuah masjid di Seville, sebuah kota yang belum memiliki masjid selama lebih dari 700 tahun,” Kanoute berbagi video di Twitter.

“Saya merasa terhormat menjadi bagian dari proyek ini yang saya percaya layak untuk didukung. Tempat seperti ini akan menjadi contoh cemerlang dari kehidupan Islam di zaman kita Insya Allah. Kita semua tahu bahwa satu pemain saja tidak memenangkan pertandingan. Bergabunglah dengan tim kami, kami membutuhkan dukungan Anda,” tambahnya.

Kanoute mengatakan bahwa kampanye tersebut mencapai 1 juta USD pada hari Rabu lalu (20/5/2020). Ia berterima kasih kepada orang-orang yang menyumbangkan uang atau hanya menyebarkan pesan ini.

“Jadi, terima kasih banyak. Semoga Allah membalas Anda dan mengangkat Anda semua yang telah berpartisipasi dalam kampanye itu, atau mereka yang telah berkontribusi, apakah itu dengan menyumbangkan uang atau hanya menyebarkan pesan”.

Untuk diketahui, ada hampir 1,3 juta Muslim di Spanyol, yang merupakan 3 persen dari 45 juta penduduk negara itu. Umat Islam pernah memerintah sebagian besar Spanyol selama berabad-abad mulai dari 711 hingga 1492. Raja terakhir mereka dikalahkan oleh raja dan ratu Katolik, Ferdinand dan Isabella, pada 1492. Setelah itu, masjid-masjid Muslim dibiarkan rusak atau diubah menjadi gereja.

Kanoute, 42, masuk Islam pada usia 20 tahun. Ia memenangkan dua Piala UEFA dan dua Piala Super UEFA bersama Sevilla pada 2006 dan 2007. Kanoute dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika 2007. Ia pernah membela Lyon, West Ham United dan Tottenham Hotspurs, tetapi meraih kesuksesan besar bersama Sevilla, di mana ia memenangi dua Piala UEFA. Kanoute bermain untuk Sevilla selama 7 musim, 2005–2012.

@FredericKanoute runs online campaign to raise funds for building mosque in Seville city #SevilleMosque @MezquitaSevilla pic.twitter.com/sMotoww6W4

— ANADOLU AGENCY (ENG) (@anadoluagency) May 21, 2020

Thank you everyone for the generous support for @MezquitaSevilla#SevilleMosque https://t.co/dnCWJqMTKr pic.twitter.com/1FluRGHM5U

— Fred Oumar KANOUTÉ (@FredericKanoute) May 19, 2020

Sumber: Anadolu Agency/Turkinesia/DLL

 

 

https://twitter.com/i/status/1263583664455118849

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sabtu, 23 Mei 2020  Berita Internasional

(nahimunkar.org)


 

(Dibaca 3.978 kali, 1 untuk hari ini)