9 November KSPI Gelar Aksi Demo Buruh Serentak Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja

 


KSPI akan demo serentak /Pikiran Rakyat

Aksi demonstrasi buruh yang akan dilakukan Senin, 9 November 2020 digelar demi menolak Undang-Undang Omnibus Law yang telah disahkan oleh Presiden Joko Widodo.

Demonstrasi yang akan dilaksanakan itu merupakan demonstrasi berkelanjutan dari demo yang telah diramaikan pada Senin, 2 November 2020 lalu oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pada 24 daerah di Tanah Air. 

Seperti yang disampaikan oleh Presiden KSPI, Said Iqbal pada Senin 2 November 2020 “Aksi akan dilanjutkan 9 November 2020 di DPR RI untuk menuntut dilakukannya legislative review. Tanggal 10 November 2020 di kantor Kementerian Ketenagakerjaan untuk menuntut upah minimum 2021 harus tetap naik,” jelas Said kepada wartawan

Dilansir dari RRI, bahwa aksi demo buruh serentak akan digelar di 24 provinsi di seluruh Indonesia pada Senin, 9 November 2020.

Sementara buruh yang ikut serta dalam aksi demo di ibu kota berasal dari berbagai daerah, termasuk Bandung, Cimahi, Cianjur, Depok, Bogor, Tangerang Raya, Serang, Cilegon, Karawang, dan Bekasi.

Namun, tidak hanya itu akan ada pula buruh yang berasal dari Indramayu, Cirebon, Sukabumi, Purwakarta, Subang, Semarang, Kendal, Jepara, Surabaya, Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, dan Gresik.

 “Aksi KSPI dan 32 federasi lainnya ini adalah non-violence (anti kekerasan), terukur, terarah, dan konstitusional. Aksi ini dilakukan secara damai, tertib, dan menghindari anarkis,” tutur Said Iqbal.

Rute aksi juga telah ditentukan yakni berkumpul di Patung Kuda, JakartaPusat, pukul 10.00 WIB.

Kemudian, melanjutkan perjalanan untuk melakukan aksi demo di depan MK hingga Istana Merdeka.***

Editor: Alem Febri Sonni

Sumber: RRI

Cinta Vinanda

fixmakassar.pikiran-rakyat.com- 8 November 2020, 11:06 WIB

***

Buruh Bergerak Kepung DPR, Demo Tolak Omnibus Law

Sekitar 1.000 orang dari kalangan buruh berencana melakukan unjuk rasa menuntut pembatalan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja di DPR siang ini. Demo buruh. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia — Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi unjuk rasa tolak Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.

Aksi digelar untuk mengiringi pengajuan permohonan tinjauan legislatif (legislative review) terhadap UU Cipta Kerja. Permohonan akan diajukan oleh perwakilan buruh di sela-sela aksi.

 

“Menuntut dibatalkannya UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja melalui mekanisme legislative review dan kenaikan upah minimum 2021,” kata Said Iqbal dalam keterangan tertulis, Minggu (8/11) malam.

 

Demonstrasi rencananya dimulai sekitar pukul 10.30 WIB. KSPI menaksir ada seribu orang buruh yang akan bergabung dalam aksi kali ini.

 

KSPI tidak sendirian turun ke jalan. Mereka akan bergabung dengan massa dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Andi Gani (KSPSI AGN).

CNN Indonesia | Senin, 09/11/2020 07:20 WIB

 

(nahimunkar.org)

(Dibaca 89 kali, 1 untuk hari ini)