10 Ribu Rumah di California Dilalap Api

Djibril Muhammad

31/08/2009 – 04:29


graphic2

istimewa (inilah.com)

INILAH.COM, California – Sebanyak 10 ribu rumah di California selatan dilalap si jago merah. Tidak hanya itu, kebakaran juga menghanguskan 12.500 bangunan sekitar.

Kebarakan hebat itu juga melahap 14 ribu hektar lahan pegunungan yang berada di 5 kota seperti dikutip news.au.com Senin (31/8).

“Api begitu hebat dan susah dikendalikan. Api begitu besar dan sangat membahayakan. Api bergerak begitu cepat hingga melalap rumah dan infrastruktur yang ada,” kata Gubernur California Arnold Schwarzenegger.

Sebanyak 2000 petugas pemadam kebakara dikerahkan untuk memadamkan aksi si jago merah. Tapi aksi si jago merah tak tertandingi, bahkan kian hebat melahap bangunan-bangunan yang ada. Seperti fasilitas telekomunikasi di Mount Wilson, termasuk jaringan TV dan menara transmisi radio.

Suhu di sekitar terus mengalami peningkatan, yakni diatas 38 derajat celcius. Bahkan status merah ditetapkan Pusat Cuaca Nasional setempat, yang artinya suhu dalam keadaan tidak sehat. [jib]

Sumber: http://www.inilah.com/berita/politik/2009/08/31/149149/10-ribu-rumah-di-california-dilalap-api/

30/08/2009 – 15:35

Api Kepung California, 3.000 Rumah Dikosongkan

INILAH.COM, Los Angeles – Kebakaran di daerah pegunungan utara Los Angeles, California AS terus meluas. Akibatnya, warga yang menghuni 3.000 rumah di daerah ujung timur laut kota itu harus dievakuasi.

Kebakaran yang melanda 8.000 hektar hutan pada Sabtu 29 Agustus malam waktu setempat juga mengancam fasilitas-fasilitas penting telekomunikasi, menara-menara transmisi televisi dan radio. Api berkobar sejak Rabu 26 Agustus petang waktu setempat di Pegunungan San Gabriel dekat daerah ekslusif La Canada Flintridge dan terus meluas. Rumah-rumah dari Pasadena sampai ke San Fernandi Valley pun dijalari api.

“Kebakaran itu terjadi Rabu petang dan hanya lima persen yang teratasi sampai Sabtu,” kata Pemimpin Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles, Mark Savage.

Para petugas pemadam kebakaran pun berusaha mencegah agar api itu tidak memasuki Gunung Wilson. Di lokasi itu terdapat menara transmisi televisi dan radio serta menara yang menangani pengiriman pelayanan darurat.

Di daerah pegunungan, seorang warga terbakar ketika tiang listrik roboh menimpa tempat penjaga hutan di Ngarai Big Tujunga. Korban yang tidak disebutkan jati dirinya dibawa keluar dari ngarai yang dikosongkan.

“Tidak kurang 34 kabin itu hancur akibat kebakaran di ngarai itu,” kata juru bicara Kehutanan Nasional Angeles, Randi Jorgensen.

Sementara itu juru bicara Kehutanan Nasional Angeles Robert Brady memprediksi, diperlukan waktu seminggu untuk memadamkan kebakaran yang bertambah parah akibat cuaca panas yang tinggi hingga lebih dari 38 derajat Celsius.

Gubernur California Arnold Schwarzenegger pada Jumat 28 Agustus telah mengumumkan keadaan darurat untuk daerah-daerah Los Angeles dan Monterey akibat kebakaran yang meluas yang membakar 5.200 hektar itu. [*/fiq]

http://www.inilah.com/berita/politik/2009/08/30/149007/api-kepung-california-3000-rumah-dikosongkan/

Allah Ta’ala berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ ﴿٤١﴾ قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِن قَبْلُ كَانَ أَكْثَرُهُم مُّشْرِكِينَ ﴿٤٢﴾

041. Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).042. Katakanlah: “Adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)”. (QS Ar-Ruum/ 30: 41, 42).

وَمَا كُنَّا مُهْلِكِي الْقُرَى إِلَّا وَأَهْلُهَا ظَالِمُونَ ﴿٥٩﴾

“…dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.” (QS Al-Qashash/ 28: 59).

(Dibaca 260 kali, 1 untuk hari ini)