Kebijakan Pemerintah Atas kenaikan BBM 17 November 2014 dua hari yang lalu menimbulkan banyak reaksi. Seperti yang terjadi di SPBU Cikini yang terpaksa tutup karena imbas puluhan para demonstran Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang sedang berunjuk rasa dengan membakar ban. Pihak kepolisian terpaksa mengalihkan arus lalu lintas di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat dari Jalan Raden Saleh menuju Jalan Kramat Raya dan Jalan Salemba Raya.

20141118-demo-mahasiswa-tolak-kenaikan-bbm

Hal yang serupa terjadi pula di depan Istana, Jalan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Hari Selasa kemarin. Ratusan mahasiswa gabungan dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Hasbih Tahrir (HT), dan Pergerakan Mahasiswa Merah Putih (PMMP), melakukan orasi untuk menolak kenaikan BBM. Dengan membawa spanduk – spanduk bertuliskan “Tolak kenaikan harga BBM” dan “BBM Naik Rakyat Tercekik” dan juga membawa bendera organisasi mereka masing – masing Orator menyerukan kata – kata : “Tidak tahu diri! Masyarakat tercekik! Mana janjimu hey Jokowi! Kami masyarakat kecil! BBM tak layak dinaikkan!!”

Demo ini memakan waktu setengah jam yang membuat lalulintas depan istana macet total dan ratusan personel kepolisian tengah mengawasi jalannya aksi.

demo-bbm-cirebon

Selain di Jakarta demo Mahasiswa ini terjadi juga di kota – kota lain, salah satunya aksi demo di Perempatan jalan Pemuda – By Pass jalur utama Pantura Cirebon. Mereka membawa keranda mayat beserta foto Jokowi dan jelangkung berpakaian kotak – kotak di atasnya. Dalam aksinya terlihat kemarahan mahasiswa atas kebijakan Jokowi – JK yang baru saja memimpin Indonesia. Keranda bertanda simbol matinya keberpihakan terhadap rakyat kecil pun digotong mahasiswa. Puncak kemarahan ketiganya diletakkan di jalan utama Pantura lalu dibakar.

bakarjo1

(MotorBlitz.com) 

 

Sumber photo dan Referensi tulisan :

-http://news.metrotvnews.com/read/2014/11/18/319967/spbu-cikini-ditutup-imbas-demo-hmi

-http://wartakota.tribunnews.com/2014/11/18/ribuan-mahasiswa-kepung-istana-jokowi

-http://jabar.tribunnews.com/2014/11/18/mahasiswa-bakar-foto-jokowi-dan-bawa-keranda

-http://poskotanews.com/2014/11/18/demo-tolak-harga-bbm-naik-mahasiswa-blokir-jalur-pantura/

(nahimunkar.com)

(Dibaca 638 kali, 1 untuk hari ini)