• Ruhut Rasis, Melecehkan Anies dan Menghina Etnis Papua!

Proses hukum terhadap Ruhut Sitompul sangat mendesak dan harus dilakukan secara adil dan transparan untuk mewujudkan rasa keadilan di tengah masyarakat.

 

PAMEKASAN |  – Aktivis Gerakan Mahasiswa Penyambung Aspirasi (Gempa) Pamekasan, Madura mengecam unggahan foto meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan baju adat Suku Dani, Papua di akun Twitter @ruhutsitompul, milik politikus PDI-P Ruhut Sitompul.

“Polda Metro Jaya harus segera menindaklanjuti adanya laporan terhadap unggahan politikus Ruhut Sitompul untuk meredam amarah masyarakat berkepanjangan,” ucap Ketua Gempa Pamekasan Idrus Ali kepada KBA News, Rabu, 18 Mei 2022.

Ruhut Sitompul kembali menuai kecaman publik setelah megunggah foto meme Gubernur Anies mengenakan pakaian adat suku Dani, Papua lengkap dengan koteka di akun Twitter-nya.

Unggahan itu kemudian dilaporkan Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan ke Polda Metro Jaya dan terdaftar dengan nomor laporan LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022.

Pasal yang disangkakan dalam laporan tersebut yakni Pasal 28 ayat (2) Juncto Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Menurut Idrus Ali, proses hukum terhadap Ruhut Sitompul sangat mendesak dan harus dilakukan secara adil dan transparan untuk mewujudkan rasa keadilan di tengah masyarakat.

“Jangan sampai ada kesan aparat kepolisian melindungi segelintir orang yang memiliki kedekatan politik dengan penguasa. Karena parkara Ruhut ini murni kasus hukum,” tegas dia.

Di sisi lain, Idrus Ali mengingatkan agar Ruhut Situmpul mejadikan pakaian adat sebagai ekspresi keberagaman yang harus dihormati dan dihargai.

“Bukan sebaliknya, menjadikan pakai adat yang oleh masyarakat Papua sangat sakral justru dijadikan bahan menghina seseorang yang tak ada kaitannya dan ada Papua,” demikian Idrus Ali. (kba)

KBA, 18 Mei 2022 11:20 AM

***

Ruhut Rasis, Melecehkan Anies dan Menghina Etnis Papua!

Herry M Joesoef

 Rabu, 18/05/2022 12:42


Politikus kutu loncat Ruhut Sitompul tak henti-hentinya menjelek-njelekkan Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. Berbagai cara ia lakukan untuk menjegal langkah Anies maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024 yang akan datang.

Kali ini, Ruhut sudah keterlaluan. Ia buat meme, memasang foto editan Anies yang berpakaian adat Papua, lengkap dengan koteka, dan diunggah di media sosialnya, 11 Mei 2022. Ruhut tidak hanya melecehkan Anies, tetapi telah menghina saudara-saudara kita dari Papua.

Oleh sebab itu, Ruhut dilaporkan ke polisi. Bukan menyadari kesalahannya, tetapi ia malah bangga, “Makin terkenal,” katanya. Ruhut memang tak ber-etika moralnya rendah. Ia dikenal sebagai politikus kutu loncat, yang selalu nempel ke rezim yang berkuasa dan menyanjung-nyanjung para pemimpinnya. Dari Golkar, Demokrat, kini ke PDI-P.

Adakah Ruhut akan diproses oleh aparat kepolisian?/ indonesiainside.id