Kejuaraan bergengi Musabaqah Tahunan Hafalan Alquran dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud Rahimahullah Tingkat ASEAN dan Pasifik ke 11 Tahun 1440H/2019M resmi ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menag Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis, (14/03/2019).

Gelaran tahunan ini hasil kerjasama atase Agama Arab Saudi di Jakarta dan Kementerian Agama yang diikuti peserta dari beberapa negara kawasan ASEAN dan Pasifik. MHQH tahun ini, peserta asal Indonesia menyapu bersih juara satu untuk semua cabang perlombaan. Ada empat kategori hafalan Alquran, yaitu: 30 juz, 20 juz, 15 juz, dan 10 juz, serta satu kategori hafalan hadist.

Sementara, para pememang diumumkan dalam jamuan makan malam pada saat acara penutupan MHQH Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud Rahimahullah Tingkat ASEAN dan Pasifik ke 11 Tahun 2019 M/1440 H di Ritz Charlton, Jakarta, Kamis (14/03/2019) malam.

Penyerahan hadiah langsung diberikan oleh Menag Lukman kepada para pemenang MHQH. Bertindak sebagai Ketua Dewan Juri adalah Imam Masjid Haram, Dr. Abdullah Awwad Al Johani.

Berikut nama-nama pemenang MHQH Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud Rahimahullah Tingkat ASEAN dan Pasifik ke 11 Tahun 1440H/2019M:

Kategori Hafalan 30 Juz

1. Fatwa Hadi Maulana, asal Indonesia dengan poin 287
2. Salahuden Macasiding Kiram, asal Filipina dengan poin 274
3. Nabel Esmail Malaco, asal Philipina dengan poin 272

Kategori Hafalan 20 Juz

1. Rizki Maulana, asal Indonesia dengan 298
2. Ali Mamalinta Sandingan, asal Philipina dengan poin 293
3. Aldi Fahmi Mustafa, asal Indonesia dengan poin 291

Kategori Hafalan 15 Juz

1. M.Azro’i Sitorus, asal Indonesia dengan poin 292
2. Zakaria Zaw Zaw Tun, asal Myanmar dengan poin 288
3. Ammar Salazar Lumambas, asal Philipina dengan poin 284

Kategori Hafalan 10 Juz

1. Iskandar, asal Indonesia dengan poin 297
2. As’ad Saifullah, asal Indonesia dengan poin 294
3. Mohammad Yassin Esnaira Raslim, asal Philipina dengan poin 287

Kategori Hafalan Hadist

1. Ahmad Faruq Hilmi, asal Indonesia dengan poin 285
2. Muhammad Maulana Siddiq, asal Indonesia dengan poin 284
3. Naufal Abyan, asal Indonesia dengan poin 283. (nat/kemenag/dbs)

gomuslim.co.id by Nathasi 15 Mar 2019

***

Santri Al-Irsyad Juarai Lomba Hafalan Hadits Tingkat ASEAN dan Pasifik

Jakarta (14/3) – Alhamdulillah segala puji hanyalah milik Allah Ta’ala, santri Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran berhasil meraih Juara I dan Juara II Lomba Hafalan Hadits dalam Musabaqah Hifdzul Qur’an wal Hadits (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tingkat ASEAN dan Pasifik ke-11 yang diselenggarakan pada tanggal 11-14 Maret 2019 di Jakarta.

Perlombaan diikuti oleh 88 peserta dari 18 negara, mulai dari Indonesia, Brunei, Thailand, Singapura, Malaysia, Philipina, Timor Leste, Khazakztan, Kirqistan, Usbekistan, Tazakistan, Azerbaizan, Myanmar, Australia, Rusia, Kambodia, New Zealand hingga Kepulauan Fiji.

Berikut adalah nama-nama yang berhasil menjuarai perlombaan tersebut:

1. Ahmad Faruq Hilmy
Adalah sosok yang berhasil meraih Juara I Cabang Hafalan Hadits, dan menggeser deretan peserta lain yang turut serta dalam kompetisi ini. Meskipun cabang lomba yang ia ikuti adalah cabang hafalan hadits, namun sejatinya santri yang sekarang duduk di bangku kelas XII jenjang Madrasah Aliyah Pesantren Islam Al-Irsyad ini telah menuntaskan hafalan Al Qur’annya sebanyak 30 juz.

2. Muhammad Maulana Siddiq
Merupakan sosok yang berhasil meraih Juara I Cabang Hafalan Hadits di kompetisi ini pada tingkat Nasional yang diselenggarakan pada akhir Januari silam, yang kemudian  pada tingkat ASEAN dan Pasifik ini berhasil menyabet gelar juara ke-II. Senada dengan temannya, ia juga sudah menuntaskan hafalan Al-Qur’an.

Acara penutupan dihadiri oleh Pangeran Khalid Bin Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud, Bapak Lukman Hakim Saifuddin, selaku Menteri Agama Republik Indonesia, yang bertempat di Kantor Wakil Presiden.

“Ini yang selalu diinginkan dan diharapkan khususnya kepada generasi muda, bukan hanya membaca tapi juga mempraktekkan ajaran-ajaran islam dengan baik. Selamat kepada peserta yang telah mencapai hasil terbaiknya. Dan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi atas penyelenggaraan MHQ dan hadis Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud,” Ujar Jusuf Kalla saat acara penutupan berlangsung.

Jazakumullahu khairan kepada seluruh pihak yang turut berkontribusi atas kemenangan ini, terlebih khusus kepada Ustadz Suharlan, Lc selaku pembimbing yang tak kenal lelah mencurahkan waktu dan tenaganya, serta Ustadz Arif Ardiansyah, Lc selaku pendamping para peserta lomba. Semoga Allah Taala memberikan berkah kepada para juara dan seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam perlombaan ini. Aamiin…

www.pesantrenalirsyad.org

(nahimunkar.org)

(Dibaca 445 kali, 6 untuk hari ini)