AUDIENSI. Rombongan ANNAS Solo Raya dan MuhammaDiyah melakukan audiensi dengan pimpinan IAIN Surakarta, Rabu (3/5/2017). Foto: Amanah/Riki Purnomo


Solo—Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Solo Raya dan PD Muhammadiyah Sukoharjo menolak kedatangan salah satu tokoh Syiah Indonesia Haidar Bagir ke Solo.

Rencananya, Haidar Bagir akan menjadi pembicara pada acara bedah buku “Islam Tuhan, Islam Manusia” yang diselenggarakan Dewan Mahasiswa (DEMA) IAIN Surakarta di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta pada, Selasa (9/5/2017).

Rombongan ANNAS Solo Raya Ustad Umeir Khaz, Lc, Ustad Agus Junaidi, Ustad Bangun Mulya Wijaya dan Ustad Aguska, sedangkan Muhammadiyah Sukoharjo di wakili oleh Ustad Djayendra melakukan audiensi, Rabu (3/5/2017), dengan Pimpinan IAIN Surakarta agar membatalkan acara tersebut.

Divisi Komunikasi dan Informasi ANNAS Solo Raya, Umaeir Khaz, menyampaikan sikap keberatan atas kegiatan bedah buku tersebut dan meminta agar dibatalkan. “Pembicara sekaligus penulis buku Haidar Bagir mempunyai kecenderungan mengikuti ajaran Syiah sesuai dengan hasil telaah para ulama,” ujarnya.

Menurutnya, kampus IAIN Surakarta ialah aset dan wadah untuk mencetak generasi rabbani penerus dakwah Islam maka harus menjaga kemurniannya sesuai dengan Alqur’an dan Sunnah.

Menanggapi tuntutan tersebut, Rektor IAN Surakarta, Mudhofir Abdullah, mengaku tidak bisa membatalkan acara tersebut karena berkaitan dengan kerjasama Dema IAIN Surakarta dan Penerbit MIZAN.

“Kalau nanti saya batalkan, maka saya akan didemo mahasiswa karena tidak mendukung kegiatan intelektual,” papar dia.

Sebelum kedatangan ANNAS Solo Raya dan Muhammadiyah Sukoharjo, Mudhofir mengaku, sudah ada aparat terlebih dahulu dan meminta acara dibatalkan atau diganti pembicaranya.

Laporan : Riki Purnomo/Wartawan Harian Amanah Solo Raya, Jateng

Editor: Zubair/harianamanah.id

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.210 kali, 1 untuk hari ini)