Perbedaan infeksi saluran kemih dengan anyang-anyangan/Foto: 20detik


Jakarta, Anyang-anyangan atau keinginan untuk buang air kecil yang muncul secara terus menerus sering diakitkan sebagai gejala infeksi saluran kemih. Pasalnya menurut dokter, anyang-anyangan dengan infeksi saluran kemih seperti dua sisi mata uang logam.

“Jadi kalau infeksi saluran kemih pasti punya anyang-anyangan. Terus kalau anyang-anyangan nggak selalu infeksi saluran kemih,” kata dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, dari RS Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dalam video Bincang Sehat.

dr Akbari, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa jika anyang-anyangan disertai rasa nyeri saat kencing maka hampir pasti itu merupakan infeksi saluran kemih. Sebaliknya, jika anyang-anyangan tanpa disertai rasa nyeri kemungkinan itu bukan infeksi saluran kemih.

Menurutnya, anyang-anyangan tanpa disertai nyeri bisa jadi karena adanya gangguan kontraksi berkemih pada otot polos kandung kemih, sehingga untuk membuktikannya perlu analisis urine pada laboratorium dan Ultrasonography (USG).”Nah untuk membuktikannya diperiksakan urine-nya di laboratorium dan pemeriksaan minimal ultrasound,” ucap dr Akbari.

Penjelasan dr Akbari soal infeksi saluran kemih bisa disimak dalam video Bincang Sehat berikut ini:

(hrn/up)/ health.detik.com

***

8 Cara Menyembuhkan Anyang-anyangan Tanpa Ribet

Pernahkah kamu merasakan panas dan nyeri ketika buang air kecil atau yang di kenal dengan anyang-anyangan? Sangat menyiksa bukan?

Apa Itu Anyang-Anyangan?

Anyang-anyang atau Anyang-anyangan merupakan kondisi berkemih yang tidak seperti biasanya karena terjadi infeksi pada saluran kencing atau karena penyebab lainnya. Siapapun pasti tidak ingin mengalami kondisi ini. Karena selain di bayangi perasaan yang tidak nyaman (ingin kencing terus), juga kadangkala disertai rasa sakit saat kita mencoba buang air kecil/ kencing.

Nah, jika kamu saat ini sedang mengalami anyang anyangan dan merasa nyeri saat buang air kecil, pasti membutuhkan solusi canggih untuk mengatasinya, silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini, 8 cara mudah menyembuhkan anyang-anyangan

1. Mendengarkan Gemericik Air

Lho kok bisa? Hehe, bisa dong, silahkan dicoba kalau gak percaya. Yang pasti konon katanya, terapi ini sangat ampuh dalam mengatasi anyang-anyangan.

Caranya sangat mudah, silahkan masuk ke dalam kamar mandi kemudian nyalakan kran dengan kekuatan sangat kecil. Lalu, silahkan kamu dengarkan suara aliran air tersebut. Jika melakukannya secara rutin maka anyang-anyangan dapat segera teratasi dengan cara yang sangat mudah.

2. Memijat Telapak Kaki (pijat refleksi)

Jika pengobatan pertama masih belum berhasil, kamu dapat mencoba trik kedua yang saya berikan, yaitu dengan memijat telapak kaki. Cara tradisional ini juga terbukti berkhasiat untuk merangsang keinginan buang air kecil sehingga air seni dapat segera dikeluarkan.

Silahkan kamu pijat bagian tengah telapak kaki dengan arah vertikal serta pada bagian ibu jari atau jari tengah. Lakukan pemijatan pada kedua telapak kaki dengan gerakan yang lembut dan teratur. Maka anyang-anyangan yang kamu rasakan dapat segera teratasi. Kalau mau lebih enak dipijat refleksi aja lebih enak malahan, berasa pedassnya hahaaha.

3. Banyak Minum Air Putih 

Ingin buang air kecil tapi tidak bisa keluar alias mampet gara-gara anyang-anyangan? Lebih baik kamu coba memperbanyak minum air putih. Sebab, air putih terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti meancarkan proses metabolisme di dalam tubuh dan mengatasi berbagai gangguan yang terjadi ketika kamu mengalami anyang-anyangan.

Selain itu, air putih juga dapat membersihkan semua bakteri yang menjadi penyebab terjadinya anyang-anyangan yang kamu alami.

4. Air Soda Sprite atau Soda Susu

Gara-gara numpang mobil teman kamu dan nahan pipis sepanjang perjalanan, jadi bikin anyang-anyangan. Pas buang air kecil rasanya seperti ada yang nyangkut alias gak keluar semua pokoknya gak kenyang pipisnya.

Itu tandanya anyang-anyangan. Cobalah meminum air soda sprite atau bisa juga soda susu, untuk cara menyembuhkan anyang-anyangan ini sendiri saya sudah beberapa kali membuktikan keberhasilannya. Benar-benar ampuh cuy!

5. Mengoleskan Balsem ke Pusar

Konon katanya, cara aneh ini juga terbukti berkhasiat lo. Faktanya, ketika mengoleskan balsem di sekitar pusar kamu akan merasakan panas atau pedes. Namun, solusi ini berhasil menghilangkan sugesti ketika kita sedang mengalami rasa anyang-anyangan.

Terkadang ketika efek balsem sudah hilang, anyangan dapat muncul lagi. Dan jika hal itu terjadi, sebaiknya kamu mengulangi proses pengolesan balsem lagi. Jadi, tidak ada salahnya kamu mencoba melakukan cara jitu ini untuk menghilangkan anyang-anyangan dengan cara yang praktis. Mudah-mudahan yah, saya sendiri belum pernah coba. Awas nanti pusarnya jadi bodong hahaha!

6. Minum Air Rebusan Buah Sirsak

Saya memiliki resep tradisional untuk kamu gunakan menghilangkan rasa anyang-anyangan dengan cara yang cepat dan tanpa ribet. Pertama-tama, silahkan kamu siapkan buah sirsak yang matang. Setelah dicuci bersih, kamu bisa merebus buah sirsak tersebut dalam 2 gelas air putih yang dicampur dengan gula pasir.

Sebaiknya kamu memasak rebusan tersebut dengan menggunakan api yang kecil. Setelah mendidih, coba kamu saring rebusan buah sirsak tersebut dan minum air saringan tersebut selagi hangat. Cara jitu ini, akan segera mengatasi rasa anyang-anyangan yang sedang kamu alami.

7. Minum Air Jeruk Nipis Hangat

Selain menggunakan buah sirsak, saya juga akan berbagi cara menghilangkan anyang-anyangan yang kamu rasakan dengan menggunakan air jeruk nipis yang hangat. Caranya sangat mudah, siapkan satu gelas air hangat di dalam gelas berukuran sedang.

Lalu, peras jeruk nipis di dalam gelas yang berisi air hangat tersebut. Untuk mengurangi keasamannya, kamu bisa menambahkan gula secukupnya. Lalu, silahkan kamu minum selagi hangat dan setiap timbul rasa anyang-anyangan.

8. Mengobati Anyang-anyangan dengan Mengikat Jempol Kaki pakai Karet Gelang

Cara alami menyembuhkan anyang-anyangan yang terakhir mungkin terdengar aneh dan konyol, tapi sudah banyak yang membuktikan keberhasilannya. Yaitu dengan mengikat jempol kaki pakai karet gelang.

Emang gak sakit? Ya iyalah lumayan sakit, mau sembuh gak? Jadi ikat jari jempol kaki kamu sekuat-kuatnya sampai ibu jari berwarna putih pucat, itu adalah tandanya peredaran darah berhenti. Biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 15 menit, anyang-anyangan dijamin sembuh.*/kejadiananeh.com

(nahimunkar.org)