Tabuk: KSA telah menyalurkan sekitar SR850 juta selama lima tahun terakhir untuk membantu pengungsi Suriah dalam bentuk bantuan makanan, pendidikan, akomodasi dan pelayanan kesehatan di Yordania, Turki dan Lebanon.

Ini termasuk bantuan untuk pengungsi di kamp Zaatari Yordania sebanyak 2,1 juta orang yang tinggal di dalam dan di luar fasilitas kamp, hampir 1 juta pengungsi di Turki, dan lebih dari 1,5 juta pengungsi di Lebanon, menurut laporan media lokal, Senin.

Di kamp Zaatari, KSA menyediakan 3.500 karavan,  1.000 diantarnya sedang dibangun. KSA juga membiayai sewa 5800 apartemen bagi penyandang cacat dan janda Suriah di Yordania dan Lebanon selama antara enam sampai 12 bulan.

Pemerintah Saudi menyediakan ribuan tenda tahan api untuk para pengungsi di Yordania dan Turki dan mendirikan 14 mesjid di Zaatari. KSA juga mendistribusikan 400 paket makanan berupa bahan makanan pokok di Suriah dan negara-negara tetangga dimana pengungsi Suriah tinggal, selain 1,2 juta paket makanan berbuka puasa.

Pemerintah KSA menyembelih 1.300 domba untuk 9.000 keluarga pengungsi di Yordania dan Lebanon. Dan mendistribusikan lebih dari 65.000 kg dan 180.000 kaleng daging, dan lebih dari 300.000 kantong roti di Yordania.

KSA menyiapkan empat mesin pemanggang roti di Turki dengan kapasitas produksi 120.000 potong roti per hari, dan mendistribusikan 10.000 makanan pendukung, termasuk ribuan ton kurma, beras dan tepung, bagi pengungsi Suriah di perbatasan Yordania-Suriah.

Juga mengirim lebih dari 700 truk sarat dengan bantuan dan makanan, selain pakaian musim dingin ke Yordania, dan sekitar 80 truk bantuan masuk ke dalam wilayah Suriah. Ada juga 10 pesawat sarat dengan 10.000 ton bantuan makanan dan bantuan lainnya dikirim ke Turki.

Program bantuan musim dingin dan perlengkapan bahan bantuan diproduksi di Cina dan Turki dengan kantor di Yordania, Lebanon dan Turki. Ada juga lima sarana desalinasi yang didirikan di Turki dengan kapasitas 20.000 air liter per jam.

KSA mendirikan rumah sakit khusus di Zaatari dengan 13 klinik khusus, unit dukungan psikologi, laboratorium, departemen X-ray dan apotek khusus. Klinik mampu memberikan pelayanan untuk 500.000 pasien dan dilengkapi 15 ambulans dengan peralatan medis lengkap di Yordania, Turki dan Lebanon.

Kantor bantuan KSA berada di Libanon dan Yordania untuk mendukung pusat-pusat kesehatan dan memberi pengobatan kepada pengungsi Suriah dengan biaya lebih dari $ 250.000 dan telah memberikan pelayanan proses melahirkan dengan caesar dan normal untuk lebih dari 1.300 ibu Suriah, termasuk menyediakan pakaian untuk bayi yang baru lahir. Ada juga operasi rekonstruktif dilakukan pada ratusan pengungsi Suriah.

Di musim dingin, KSA memberikan lebih dari 6.500 pemanas untuk pengungsi di Libanon, Yordania dan Turki, berbahan bakar minyak tanah dengan biaya SR9 juta, dan 7,5 juta potong pakaian musim dingin.

Gerakan bantuan KSA juga memberikan 6.000 beasiswa untuk anak-anak pengungsi Suriah di Lebanon, dan mendirikan Saudi Center untuk pelatihan dan pendidikan di Zaatari untuk melatih ratusan pengungsi dengan ketrampilan  Tata Busana, menggambar, komputer dan memasak. Juga distribusi 450.000 tas sekolah dan alat tulis untuk pengungsi di Yordania, Turki dan Lebanon.

Sumber : Arab News / Middle East Update/ tabayyunnews – January 28, 2016

(nahimunkar.com)

(Dibaca 652 kali, 1 untuk hari ini)