eramuslim.com

National Security Agency (NSA) Amerika Serikat telah adalah membangun pusat mata-mata terbesar untuk mencegat dan menyimpan komunikasi elektronik yang dikumpulkan dari seluruh dunia dan warga Amerika.

Sebuah laporan terbaru yang diterbitkan oleh majalah bulanan Wired, mengatakan bahwa pusat mata-mata tersebut terletak di Bluffdale, sebuah lembah terpencil di negara bagian Utah, dapat memproses Yottabytes(satu juta miliaran gigabyte) data.

Fasilitas senilai 2 miliar dolar ini dirancang untuk “mencegat, menguraikan, menganalisis, dan menyimpan kumpulan besar komunikasi di dunia termasuk isi panggilan telepon, e-mail pribadi, pesan SMS dan pencarian di Internet.

Menurut laporan, fasilitas tersebut adalah “badan intelijen paling rahasia dan berpotensi paling mengganggu yang pernah ada,” dan fasilitas ini akan menggunakan 65 megawatt listrik per tahun, dengan tagihan tahunan sebesar 40 juta dolar.

Pusat penyadapan mata-mata mencegat sinyal pada saat turun dari satelit dan masuk melalui kabel bawah tanah dan bawah laut internasional, asing, dan jaringan domestik.

Menggunakan apa yang kemungkinan akan menjadi super komputer tercepat di dunia, NSA dapat mengumpulkan data melalui peralatan rumah tangga seperti lemari es, oven dan sistem pencahayaan yang terhubung ke Internet.

Fasilitas ini akan memberikan bantuan teknis kepada Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS), mengumpulkan informasi intelijen tentang ancaman cyber dan melakukan keamanan cyber, Reuters melaporkan.(fq/prtv)

ERAMUSLIM > DUNIA

http://www.eramuslim.com/berita/dunia/as-membangun-pusat-mata-mata-terbesar-di-dunia.htm
Publikasi: Selasa, 20/03/2012 08:01 WIB

(nahimunkar.com)

(Dibaca 703 kali, 1 untuk hari ini)