.

 

Jakarta – KabarNet: Belakangan ini banyak orang aneh dan asing berkeliaran di sekitar masjid mereka tidak masuk untuk menjalankan sholat, tapi hanya mengintip dari pagar, jendela dan pintu masjid. Bukan hanya mengintip, mereka juga memotret orang yang sedang sholat saat duduk tasyahud awal dan tasyahud akhir.

Mereka menilai menunjukkan SATU JARI saat tasyahud dalam sahalat adalah bagian kampanye terselubung dalam masjid untuk memenangkan Capres Pabowo-Hatta.

Ingat, intelijen kotak-kotak bukan hanya merekam khutbah jum’at, tapi juga mengawasi setiap gerakan sholat anda untuk di laporkan ke Panwas Pemilu atau polisi sebagai pelanggaran pemilu…. MUNGKINKAH UNTUK MENJAGA KEAMANAN ANDA DARI PARA INTELIJEN KOTAK-KOTAK, ANDA HARUS MENGGUNAKAN DUA JARI SAAT TASYAHUD AWAL DAN AKHIR..??? [KbrNet/Ratono Efendi] Ditulis oleh KabarNet pada 10/06/2014

***

Doa dalam khutbah Jum’at, mengacungkan jari telunjuk ke atas

Sunnahnya dalam berkhutbah ketika berdoa bukan mengangkat kedua tangan, tetapi dengan menunjukkan jari telunjuk ke atas.

Bila sampai ada khatib yang dituduh sebagai kampanye di masjid dengan bukti mengacungkan satu jari telunjuk ketika berdoa dalam khutbah, maka tuduhan itu sudah merupakan musibah agama.

Berikut ini ada penjelasan tentang doa khutbah dengan angkat jari telunjuk ke atas. Selamat menyimak.

***

Khatib Mengangkat Jari Telunjuk ketika Berdoa

بسم الله الرحمن الرحيم

Pertanyaan:

Bagaimana hukumnya khatib mengangkat jari telunjuk saat memimpin doa di akhir khutbah Jum’at?

Jawaban:

Khatib mengangkat jari telunjuk ketika berdoa di dalam khuthbah disyariatkan, berdasarkan atas:

1. Hadits Abu Bakrah radhiallahu ‘anhu dalam kisah Hajjatul Wada’ yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Di sana Nabi صلى الله عليه وسلم mengangkat jari telunjuknya ke arah langit sambil berdoa kepada Allah ta’ala ketika berkhuthbah.

2. Hadits ‘Umarah bin Ru`aibah radhiallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Imam Muslim (874) bahwasanya dia melihat Bisyr bin Marwan berkhutbah di atas mimbar (berdoa) dengan mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi. Dia mengatakan:

قبح الله هاتين اليدين لقد رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ما يزيد على أن يقول بيده هكذا وأشار بإصبعيه المسبحة

“Semoga Allah menghinakan kedua tangan tersebut. Sunnguh aku telah melihat Rasulullah صلى الله عليه وسلم tidaklah melakukan dengan tangannya kecuali begini.” Dia mengisyaratkan dengan jari telunjuknya.

وبالله التوفيق

http://dakwahquransunnah.blogspot.com/2012/02/khatib-mengangkat-jari-telunjuk-ketika.html#sthash.MoFfwgmK.dpuf

(nahimunkar.com)

 

(Dibaca 2.627 kali, 1 untuk hari ini)