Ilustrasi

.

 Telah ada petunjuk dari Allah Ta’la dalam menghadapi musibah. Di antaranya Allah befirman:

{وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ } [الأنبياء: 35]

Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan 
sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya),
dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan
 
(Qs al-Anbiyâ’/21:35)

 Imam Ibnu Katsîr rahimahullâh berkata:

“(Makna ayat ini) yaitu: Kami menguji kamu (wahai manusia), terkadang dengan bencana dan terkadang dengan kesenangan, agar Kami melihat siapa yang bersyukur dan siapa yang ingkar, serta siapa yang bersabar dan siapa yang berputus asa”. Tafsîr Ibnu Katsîr (5/342- cet Dâru Thibah).

{مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ } [التغابن: 11]

Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa (seseorang) 
kecuali denga izin Allâh;
barang siapa yang beriman kepada Allâh,
niscaya Dia akan memberi petunjuk ke (dalam) hatinya.
Dan Allâh Maha Mengetahui segala sesuatu 
(Qs at-Taghâbun/64:11)

Imam Ibnu Katsîr rahimahullâh berkata:

“Maknanya: seseorang yang ditimpa musibah dan dia meyakini bahwa musibah tersebut merupakan ketentuan dan takdir Allâh Ta’âla, kemudian dia bersabar dan mengharapkan (balasan pahala dari Allâh Ta’âla), disertai (perasaan) tunduk berserah diri kepada ketentuan Allâh Ta’âla tersebut, maka Allâh Ta’âla akan memberikan petunjuk ke (dalam) hatinya dan menggantikan musibah dunia yang menimpanya dengan petunjuk dan keyakinan yang benar dalam hatinya, bahkan bisa jadi Allâh Ta’âla akan menggantikan apa yang hilang darinya dengan sesuatu yang lebih baik baginya.” Tafsîr Ibnu Katsîr (8/137)

Inilah sikap seorang Mukmin yang benar dalam menghadapi musibah yang menimpanya. (Sikap Seorang Mukmin Dalam Menghadapi Musibah Oleh: Ustadz Abdullâh bin Taslîm Al-Buthoni Majalah As-Sunnah Edisi 02/Tahun XIII)

Inilah berita banjir yangmelanda Jakarta.

***

 

Belasan Perumahan di Jabodetabek Terendam Banjir

 

Lebih dari 500 warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, diungsikan.

Banjir mengepung wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Senin pagi 13 Januari 2014. Air tak hanya menerjang jalanan dan memutuskan sejumlah jalur, tapi juga merendam berbagai perumahan. Aktivitas warga pun terganggu.

Berikut berbagai perumahan yang terendam banjir sejak kemarin hingga pagi ini berdasarkan informasi Traffic Management Center Polda Metro Jaya:

1. Perumahan Cimanggis Country Residence, Depok, Jawa Barat. Ratusan rumah di kawasan ini terendam dan warga diungsikan karena tanggul Kali Laya jebol akibat curah hujan tinggi.

2. Perumahan Puri Kartika Baru, Ciledug, Tangerang, Banten, terendam banjir 1 meter atau setinggi pinggang orang dewasa. Warga mengungsi.

3. Kompleks Perumahan Perdagangan, Ciledug, Tangerang, Banten, terendam banjir setinggi 40 cm.

4. Kompleks Ciledug Indah 2, Tangerang, Banten.

5. Perumahan Pinang Griya Permai, Ciledug, Tangerang, Banten, terendam banjir setinggi lutut dan pinggang orang dewasa.

6. Perumahan Wisma Tajur, Ciledug, Tangerang, Banten, terendam banjir setinggi 30-50 cm.

7. Rusun Bidara Cina, Jakarta Timur, terendam banjir setinggi 50 cm atau setinggi lutut orang dewasa.

8. Kompleks Kejaksaan Bekasi Selatan terendam banjir setinggi 70 cm.

9. Perumnas 3 Bekasi Timur terendam banjir selutut orang dewasa.

10. Perumnas 1 Bekasi Barat, terendam air setinggi betis dan paha orang dewasa.

11. Villa Nusa Indah Jati Asih, Bekasi.

12. Perumahan warga di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, terendam banjir setinggi 1 meter. Sebanyak 500 lebih warga diungsikan.

13. Kompleks Green Garden, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

14. Kampung Baru V Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

15. Perumahan Pinang Griya Permai

Aries, salah satu warga Bekasi yang rumahnya terendam banjir, mengatakan banjir tahun ini lebih parah dari tahun lalu. “Sekarang air sudah lumayan surut, sampai betis saja. Tapi, masih ada kemungkinan naik lagi,” kata dia. (one)

VIVAnews – Senin, 13 Januari 2014, 07:15

***

Banjir Hantam Jakarta, Jalur Kampung Melayu-Tebet Terputus

Jalan Kramat Raya Jakut dan Petamburan Tanah Abang juga terendam.

Senin, 13 Januari 2014, 06:12

Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi seharian kemarin membuat, sejumlah ruas jalan di Jakarta tergenang banjir dan tak bisa dilintasi pagi ini, Senin 13 Januari 2014. Pengendara yang sedang dan akan menuju ibu kota harus berhati-hati.

Berdasarkan informasi Traffic Management Center Polda Metro Jaya, jalur Kampung Melayu-Tebet hingga pukul 05.00 pagi tadi, masih direndam air. Ketinggian air bahkan meningkat, sehingga rute dari Jakarta Timur ke Jakarta Selatan tersebut terputus.

Genangan air di jalur Kampung Melayu- Tebet itu berada di depan Kompleks Gudang Peluru. Air setinggi lutut orang dewasa dan motor sudah tidak bisa melintas. Pengemudi mobil yang hendak melalui jalur tersebut pun memilih untuk berputar dan mencari jalur alternatif.

Selain itu, banjir setinggi 40-50 centimeter juga terjadi di Jalan Kramat Raya, Jakarta Utara. Jalan itu pun, saat ini tidak bisa dilintasi. Demikian pula di Jalan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang tidak bisa dilewati karena banjir setinggi 35-50 cm. (asp) VIVAnews –

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.049 kali, 1 untuk hari ini)