Belum Dilantik Jadi Walikota Solo, Putra Presiden Jokowi Disebut Terlibat Kasus

Gibran calob Walikota terpilih di Kota Solo (foto: Istimewa)


SOLO-

Perjalanan Putra sulung Jokowi Presiden RI Gibran Rakabuming berjalan mulus dari mulai mengikuti tahapan Pilkada di Kota Solo hingga dinyatakan menang dengan suara berada pada 86%.

Namun perjalanan yang tinggal selangkah lagi untuk resmi menjadi orang nomor satu di Kota Solo itu sedikit dihiasi dengan kabar tak sedap.

Gibran disebut ikut terlibat dalam kasus Bansos yang telah menetapkan, Juliari Batubara sebagai tersangka.

Dalam investigasi yang dilakukan media Majalah Tempo, Gibran disebutkan berperan sehingga proyek pengadaan tas jatuh ke tangan PT Sritex.

Banyak mendapat sorotan mengenai keterilabatan dalam pengadaan tas untuk penyaluran bantuan sosial atau bansos bahan pokok.

Pihak PT Sri Rejeki Isman Textile Tbk atau PT Sritex akhirnya angkat bicara. Menurut, Head of Corporate Communication PT Sritex, Joy Citradewi kontrak pengadaan tas untuk penyaluran bantuan sosial atau bansos bahan pokok. Memang betul adanya.

Dirinya juga menyinggung soal kontrak yang didapatkan atas rekomendasi  putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

“Kalau pertanyaan besarnya kan, ‘Apakah kita (PT Sritex) direkomendasi Gibran atau enggak?’ Jawabannya enggak,” kata Head of Corporate Communication PT Sritex, Joy Citradewi.

Terkait pengadaan tas untuk bansos bahan pokok tersebut, emiten berkode SRIL itu mengakui menerima kontrak melalui penunjukan langsung atau tanpa tender. Tapi itu pun langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos), tanpa ada hubungan PT Sritex dengan Gibran.

“Benar kita memang supply. Waktu itu di-approach Kemensos mengenai pengadaan. Sempat kan ada publikasinya, mereka tadinya harusnya di-supply sama perusahaan lain, tapi kesulitan sama bahan baku karena impor,” terang Joy.

timurkota.com, Senin, 21 Desember 2020

 

***

Sebelumnya teah diberitakan: Menteri Juliari sempat menyebut nama putra Presiden untuk pengadaan tas penampung bansos.

Diberitakan, nama PT Sritex sebagai penyedia tas bansos disebut merupakan rekomendasi putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Kementerian Sosial memesan tas bantuan sosial kepada PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex sebanyak 10 juta kantong. Padahal, semula, pengadaan tas itu akan diprioritaskan kepada usaha kecil-menengah. Dirut Sritex dan Gibran tidak merespon saat dimintai konfirmasi oleh Tempo. 

 
 

>>Selengkapnya di Majalah TEMPO edisi terbaru 21-27 Desemeber 2020

…Screenrecording berita Tempo tentang dugaan keterlibatan anak sulung @jokowi bernama Gibran Rakabuming @Chilli_Pari dalam korupsi Bansos (pengadaan goodie bag) saat pandemik ada di sini…Eaaaaa…

Percuma kirim hacker buat hapus linknya hahahaha… (“,) pic.twitter.com/8QfWuV1Rvi

— H348HarunMasikuRaib@Jiwasrayagate (@kafiradikalis) December 20, 2020

Tak hanya untuk membayar sewa jet pribadi yang biayanya berkisar Rp 40 juta per jam, duit suap untuk Juliari Batubara diduga juga mengalir buat memenangkan calon kepala daerah dari PDI Perjuangan dalam pilkada yang digelar 9 Desember lalu. #MajalahTempohttps://t.co/s9vcYO5ko3

— TEMPO.CO (@tempodotco) December 20, 2020

Seusai menyalurkan bansos di Kendal, Juliari Batubara diduga bertemu dengan salah satu anggota staf Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani berinisial L. Dalam pertemuan itulah duit miliaran rupiah diserahkan kepada perempuan tersebut. #MajalahTempohttps://t.co/s9vcYO5ko3

— TEMPO.CO (@tempodotco) December 20, 2020

Menteri Juliari Batubara membentuk tim khusus untuk menunjuk langsung vendor serta menampung upeti dan mengarahkan vendor kepada supplier yang terafiliasi dengan PDIP. Nama putra Presiden sempat disebut untuk pengadaan tas penampung bansos. #MajalahTempo https://t.co/s9vcYO5ko3

— TEMPO.CO (@tempodotco) December 20, 2020

Nama PT Sritex sebagai penyedia tas bansos disebut merupakan rekomendasi putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Dirut Sritex dan Gibran tidak merespon saat dimintai konfirmasi oleh Tempo. #MajalahTempo https://t.co/s9vcYO5ko3

— TEMPO.CO (@tempodotco) December 20, 2020

 
 

@geloranews

20 Desember 2020

(nahimunkar.org)

 


 

(Dibaca 179 kali, 1 untuk hari ini)