Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan melakukan aksi serentak menuntut jawaban pemerintah terkait beberapa tuntutan. 

 

BEM SI ini secara terbuka mengajak seluruh BEM dari kampus se-Indonesia untuk melakukan aksi kolektif pada 11 April 2022.

 

Seruan aksi ini tentunya mengajak aliansi BEM beberapa Kampus di Makassar. 

 

Selama ini, BEM dari beberapa kampus di Makassar seperti Unhas, UMI, UNM, UIN, Unismuh, Unibos dan kampus lainnya turut aktif dalam gerakan nasional. 

 

Sebelumnya BEM SI telah melayangkan 6 tuntutan kepada Pemerintah RI pada 28 Maret 2022.

 

Untuk menjawab tuntutan tersebut, Pemerintah di beri tenggat waktu hingga 11 April 2022.

 

“BEM Seluruh Indonesia bersama Aliansi BEM PTMI (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Indonesia) mengajak Aliansi-aliansi dan kampus-kampus yang ada di seluruh indonesia yang belum tergabung dalam aliansi manapun untuk bergabung bersama BEM Seluruh Indonesia,” ujar Koordinator Media Luthfi Yufrizal dikutip Tribun-Timur.com di laman instagramnya, Senin (4/4/2022) 

 

“Aliansi BEM Seluruh Indonesia bersama Aliansi BEM PTMI akan membuat gerakan, sebagaimana jawaban dari H+14 sejak hari yang telah dijanjikan oleh pak Jokowi menjawab 6 tuntutan rakyat terbilang 11 April mendatang,” sambungnya. 

 

Berikut tuntutan mahasiswa:

 

1. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk bersikap tegas menolak, lalu memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena sangat jelas menghianati konstitusi negara. 

 

2. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk menunda, lalu mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah. Terkait dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi dan kebencanaan. 

 

3. Mendesak dan menuntut jokowi untuk menstabilkan harga serta menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat. Kemudian, menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya. 

 

4.Mendesak dan menuntut Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng serta mengevaluasi kinerja menteri terkait. 

 

5. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia. 

 

6. Menuntut dan mendesak Jokowi-Maruf untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan Janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

 

Melalui tuntutan ini, Mahasiswa seluruh Indonesia masih menunggu jawaban dan langkah strategis dari pihak pemerintah RI. 

 

Untuk BEM Kampus di Kota Makassar rencananya akan melakukan konsolidasi pada 7 April 2022.

 

“Kalo di Makassar, konsolidasi tanggal 7. Untuk tentukan titik dan skemanya,” ujar Ketua BEM Universitas Hasanuddin Imam Mobilingo kepada Tribun-Timur.com, Senin (4/4/2022). 

 

Untuk titik aksi, biasanya dilaksanakan sepanjang Jl Urip Sumoharjo mulai depan kantor Gubernur Sulawesi Selatan hingga Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel.

 

Selain itu, biasanya juga massa aksi berkumpul di sepanjang Jl AP Pettarani hingga perempatan Jl Urip Sumoharjo

 

Jadi, bagi warga Makassar yang ingin menghindari kemacetan dapat melewati jalan alternatif yang tersedia. 

 

Pengendara bisa melewati dari arah Jl Perintis Kemerdekaan bisa langsung menuju Jl Abdullah Dg Sirua kemudian melintas ke Jl Sungai Saddang Baru. 

 

Selain itu bisa juga melewati Jl Hertasning lalu melintas ke Jl Rappocini. 

 

Guna menghindari kemacetan maka hindari Ruas Jalan depan Kampus di Kota Makassar. (*)

 

Sumber: tribunnews

Foto/ salwa mediachnl

oposisicerdas.com, Rabu, April 06, 2022 Nasional, Trending Topic

(nahimunkar.org)