Bencana Asap di Riau, Ramai-ramai Tag Akun Twitter Jokowi

 

 


  • Photo :

    • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

    Ilustrasi/Aksi massa protes bencana kabut asap di Riau yang diduga melibatkan sejumlah korporasi sebagai penyebab kebakaran hutan dan lahan

    VIVA – Sudah menjadi tradisi, saat musim panas beberapa daerah di Indonesia mengalami bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Tradisi ini tentu menjadi hal yang negatif. Karhutla konon katanya untuk membuka lahan baru. 

    Sejak kemarin ada beberapa trending topic berkaitan dengan bencana asap yang menyelimuti Riau, Sumatera. Kemudian pada Jumat, 13 September 2019, sekitar pukul 06.30 WIB terdapat tagar #RiauDibakarBukanTerbakar yang menjadi trending topic di posisi keenam. 

    Kemudian pada pukul 07.30 WIB tagar jadi populer nomor dua, lalu naik ke posisi puncak atau nomor satu pada pukul 10.30 WIB hingga berita ini dibuat. Sedangkan jumlah warganet yang membuat tweet mencapai 78,5 ribu. 

     

    Apa yang mereka unggah di media sosial dilengkapi dengan foto beserta video tentang keadaan di sana yang begitu memprihatinkan. Bahkan beberapa juga ‘memanggil’ akun Twitter milik Presiden Joko Widodo, @jokowi, berharap pemerintah segera turun tangan untuk mengatasinya. 

    “Ya Allah sedih kali sampe begini #RiauDibakarBukanTerbakar,” tulis akun @wiyora disertai sebuah video dengan keterangan, kejadian pukul 07:35, 13 September 2019. Ditemukan seorang wanita sesak nafas di perempatan Bank Riau Kepulauan Riau.



    Aulia@wiyora

     


     

    Ya Allah sedih kali sampe begini #RiauDibakarBukanTerbakar

     

https://twitter.com/i/status/1172310963761975296

 


23.3K

7:48 AM – Sep 13, 2019

Twitter Ads info and privacy


27.6K people are talking about this

 

 

“22 TAHUN SUDAH RIAU DIBAKAR! Entahlah ini dapat disebut bencana atau malah musim karena asap tiap tahunnya menyelimuti Riau dan sekitarnya. #RiauDibakarBukanTerbakar #MelawanAsap #MasihMelawanAsap #SaveRiau. Video from ig lisa.sariani,” tweet akun @asterlingz

Tim VIVA »


viva.co.id, Jumat, 13 September 2019 | 17:31 WIB

***

Peringatan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Allah Ta’ala berfirman,

{ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ}

Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan (maksiat) manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS Ar Ruum:41).

Allah Ta’ala berfirman:

{وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ}

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan (dosa)mu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (QS asy-Syuura:30).

Allah berfirman,

{وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لا تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ قَالُوا إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَ، أَلا إِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُونَ وَلَكِنْ لا يَشْعُرُونَ}

Dan bila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi,” mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan”. Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar” (QS al-Baqarah:11-12).

 

 

{لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ}

…supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS Ar Ruum:41).

Sebaliknya, bila penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Allah akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.

Allah Ta’ala berfirman,

{وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُون}

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya” (QS al-A’raaf:96).

(nahimunkar.org)

(Dibaca 120 kali, 1 untuk hari ini)