• Kehancuran hebat terjadi di Negara Bagian New York, setelah badai Sandy menghantam pesisir timur AS yang menyebabkan banjir, serta mengakibatkan jutaan warga hidup tanpa listrik dan sejauh ini menewaskan 27 orang.
  • Delapan juta rumah dan pusat-pusat bisnis tak mendapatkan pasokan listrik. Secara total, 50 juta orang terkena dampak badai ini
  • Lembaga penaksir kerugian bencana alam EQECAT memperkirakan badai Sandy mengakibatkan kerugian ekonomi sebesar 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 192 triliun untuk kawasan pantai timur AS yang hancur akibat terjangan badai besar ini.

Inilah beritanya.

***

Mereda, Badai Sandy Sisakan Kehancuran

Rabu, 31 Oktober 2012 | 00:57 WIB

SCOTT OLSON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP Dampak badai Sandy terlihat pada gelombang besar di Danau Michigan, Chicago yang jaraknya cukup jauh dari pesisir timur AS.

WASHINGTON DC— Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumumkan kehancuran hebat terjadi di Negara Bagian New York, setelah badai Sandy menghantam pesisir timur AS yang menyebabkan banjir, serta mengakibatkan jutaan warga hidup tanpa listrik dan sejauh ini menewaskan 27 orang.

Departemen Energi AS mengatakan sedikitnya delapan juta rumah dan pusat-pusat bisnis tak mendapatkan pasokan listrik. Secara total, 50 juta orang terkena dampak badai ini dan sekitar satu juta orang diminta meninggalkan kediaman mereka.

Di New York, gelombang air laut setinggi 4 meter membuat sebagian besar sistem kereta api bawah tanah New York, terendam air laut. Di sisi lain kota, sebuah pusat pembangkit listrik meledak, sebuah rumah sakit dievakuasi, dan kebakaran menghanguskan 50 rumah.

Wali Kota New York Michael Bloomberg mengatakan, sejauh ini dilaporkan 10 warga kota itu meninggal dunia dan jumlah korban tewas dikhawatirkan masih bisa bertambah.

“Listrik masih akan mati untuk dua atau tiga hari ke depan. Alasan transportasi publik belum beroperasi hingga pemberitahuan lebih lanjut dan sekolah belum akan dibuka,” kata Bloomberg.

Selain itu, Bloomberg menambahkan, semua bandar udara utama kota itu ditutup karena landasan pacunya terendam banjir.

Sementara itu, di New Jersey, Gubernur Chris Christie mengatakan 2,4 juta kepala keluarga di negara bagian itu terkena dampak badai. Angka ini lebih banyak dua kali lipat saat badai Irene menghantam pada Agustus 2011.

“Kehancuran ini di luar perkiraan saya,” kata Gubernur Christie dalam sebuah jumpa pers.

Gelombang tinggi air laut, lanjut Christie, meninggalkan tumpukan sampah setinggi 2,25 meter. Gubernur Christie memperkirakan butuh waktu delapan hari untuk membersihkan kota dari sisa-sisa bencana ini.

Kekuatan badai Sandy kini terus berkurang dan kini tengah bergerak ke arah utara, tepatnya menuju Kanada.

Selama sepekan terakhir, badai Sandy sudah mengakibatkan 80 orang tewas, saat melewati kawasan Karibia.

Sumber :

BBC

Editor :

Ervan Hardoko/ , KOMPAS.com

***

Badai Sandy Akibatkan Kerugian Rp 192 Triliun

Rabu, 31 Oktober 2012 | 07:34 WIB

NEW YORK,— Meski belum ada perhitungan pasti, lembaga penaksir kerugian bencana alam EQECAT memperkirakan badai Sandy mengakibatkan kerugian ekonomi sebesar 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 192 triliun untuk kawasan pantai timur AS yang hancur akibat terjangan badai besar ini.

Namun, para pakar ekonomi memperkirakan angka yang lebih besar lagi, yaitu antara 30-50 miliar dollar AS. Kerugian sebesar ini dampaknya sangat terasa terhadap pertumbuhan ekonomi AS di kuartal keempat ini.

“Tutupnya kawasan komersial di pesisir timur menyebabkan hilangnya GDP yang akan menambah kerugian infrastruktur,” kata ekonom IHS Global Insight, Gregory Daco dan Niger Gault.

Sebagian besar pusat ekonomi penting di pantai timur AS hingga Selasa (30/10/2012) waktu setempat masih belum beroperasi kembali, termasuk pusat ekonomi dunia New York.

Sejumlah bank besar New York dan dua pusat penjualan saham terbesar di dunia Wall Street dan Nasdaq juga belum beroperasi setelah dua hari terakhir ini tutup. Dikabarkan Wall Street akan mulai kembali beroperasi Rabu (31/10/2012).

“Kami yakin bisa kembali beroperasi normal besok (Rabu),” kata Direktur Eksekutif Euronext di Bursa Efek New York, Duncan Niederauer.

“Gedung dan sistem kami tidak terganggu dan tim kami bekerja keras untuk memastikan pasar akan dibuka tanpa gangguan,” tambah dia.

Sementara itu, layanan publik lainnya mulai dari bus, kereta bawah tanah, hingga pesawat terbang belum sepenuhnya beroperasi normal. Tak beroperasinya tansportasi publik selama dua hari ini memberikan dampak ekonomi dan sosial yang sangat besar.

Sumber :

AFP

Editor :

Ervan Hardoko/ KOMPAS.com

***

Bila prilaku penduduknya baik, takkan dibinasakan

وَمَا كَانَ رَبُّكَ لِيُهْلِكَ الْقُرَى بِظُلْمٍ وَأَهْلُهَا مُصْلِحُونَ  [هود : 117]

117. dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS Hud/11: 117).

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ (96) أَفَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَى أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا بَيَاتًا وَهُمْ نَائِمُونَ (97) أَوَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَى أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى وَهُمْ يَلْعَبُونَ (98) أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ (99) أَوَلَمْ يَهْدِ لِلَّذِينَ يَرِثُونَ الْأَرْضَ مِنْ بَعْدِ أَهْلِهَا أَنْ لَوْ نَشَاءُ أَصَبْنَاهُمْ بِذُنُوبِهِمْ وَنَطْبَعُ عَلَى قُلُوبِهِمْ فَهُمْ لَا يَسْمَعُونَ  [الأعراف : 96 – 100]

96. Jikalau Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

97. Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur?

98. atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalahan naik ketika mereka sedang bermain?

99. Maka Apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? tiada yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.

100. dan Apakah belum jelas bagi orang-orang yang mempusakai suatu negeri sesudah (lenyap) penduduknya, bahwa kalau Kami menghendaki tentu Kami azab mereka karena dosa-dosanya; dan Kami kunci mati hati mereka sehingga mereka tidak dapat mendengar (pelajaran lagi)? (QS Al-A’raf: 96-100)

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ  [التوبة : 51]

51. Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakkal.” (QS At-Taubah/9: 51).

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.727 kali, 1 untuk hari ini)