Videonya Beredar

Marinir AS CVR

Washington – Sebuah video yang menunjukkan perilaku tak terpuji Marinir Amerika Serikat (AS) tengah beredar di dunia maya. Video itu menunjukkan sejumlah tentara AS di Afghanistan tengah mengencingi mayat pejuang Taliban. Korps Marinir Amerika Serikat (AS) pun akan melakukan investigasi khusus terhadap video ini.

Dalam video yang diunggah ke situs Youtube dan sejumlah situs lainnya tersebut, terlihat 4 pria yang mengenakan seragam Marinir AS tengah mengencingi 3 jenazah. Salah seorang diantaranya bercanda dengan mengatakan, “Have a nice day, buddy.” Sedangkan yang lain mengucapkan lelucon cabul.

“Untuk sementara, kami belum bisa memastikan asal-usul ataupun keaslian video tersebut, tindakan yang terlihat dalam video tersebut jelas tidak sesuai dengan nilai-nilai dasar kami dan tidak mengindikasikan karakter anggota Marinir di korps kami,” demikian pernyataan Marinir AS seperti dilansir oleh Reuters, Kamis (12/1/2012).

“Persoalan ini akan diinvestigasi secara menyeluruh,” tegasnya.

Beredarnya video ini dinilai bisa meningkatkan sentimen anti-Amerika di Afghanistan pasca perang selama satu dekade yang sarat dengan kasus-kasus kekerasan. Secara terpisah, pihak Departemen Pertahanan AS di Pentagon mengaku pihaknya ‘sangat terganggu’ oleh video tersebut.

“Siapapun itu, dan apapun keadaannya – yang kami tahu itu masih dalam penyelidikan – itu merupakan perilaku yang mengerikan dan tidak dapat diterima untuk anggota militer,” ujar juru bicara Pentagon, Kapten John Kirby.

Sementara itu, dua pejabat militer AS yang enggan disebut identitasnya menuturkan, bahwa video tersebut asli. Namun, sayangnya belum bisa ditemukan darimana video tersebut berasal.

(nvc/ita) Novi Christiastuti Adiputri – detikNews

Kamis, 12/01/2012 10:15 WIB

(nahimunkar.com)

(Dibaca 842 kali, 1 untuk hari ini)