Seorang Pelajar Indonesia kelahiran Kuwait, Faris Farhan (18) berhasil menjadi bintang dalam malam penghargaan untuk para lulusan terbaik Mahad Diniy (sekolah setingkat SMA) di Qatar.

 

Dikutip pada akun Instagram Kedutaan Besar Doha pada Rabu, 22 Juni 2022, Prosesi pemberian penghargaan kepada Faris Farhan digelar oleh Kementerian Agama dan Wakaf setempat dengan dihadiri para Duta Besar negara sahabat.

 

Dalam malam pengaugerahan ini, Faris Farhan meraih tiga penghargaan sekaligus.

 

Ia menyabet galar lulusan terbaik di kelasnya, Hafiz terbaik di angkatannya serta gelar Perfect student diantara seluruh pelajar yang diwisuda malam itu.

 

Karena prestasinya tersebut, ia mendapatkan hadiah uang tunai dan berbagai sertifikat.

 

Selain itu, Faris juga didaulat untuk membacakan ayat suci Al Qur’an, sebuah kesempatan langka bagi seorang siswa non-Arab di negara tersebut.

 

Duta Besar RI untuk Qatar, Ridwan Hassan mengatakan bahwa prestasi Faris merupakan capaian yang luar biasa bagi putra Indonesia.

 

“Faris adalah bukti bahwa dengan ketekunan dan keikhlasan apa pun bisa kita raih,” ucapnya yang turut menghadiri acara wisuda tersebut.

 

Adapun Dr Abdullah Rashid Al-Nuaimi dari Mahad Diniy menyebut bahwa semangat juang anak-anak belajar asal Indonesia patut ditiru dan menyampaikan apresiasinya terhadap para pelajar Indonesia.

 

“Semoga apa yang diraih oleh Faris dapat menginspirasi anak-anak muda lain khususnya dari Indonesia untuk menuntut ilmu lebih tinggi,” ucapnya.

 

Bagi Faris sendiri,Penghargaan ini bukan satu-satunya prestasi Faris. Pelajar berumur 18 Tahun ini juga pernah menjuarai berbagai kompetisi di Gatar seperti musabaqoh tahfidzul Qur’an.

 

Ketika ditanya apa yang membuat Faris berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan ini.

 

“Ini semata-mata karena karunia dari Allah Subhanahu Wataalaa,” jawab Faris singkat.

 

Diketahui, Faris mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Qatar untuk menempuh pendidikan di Mahad Diniy pada 2017.

 

Sekolah ini dibawah pengawasan Kementerian Agama dan Wakaf Qatar. Ada sekitar 600 siswa dari kurang lebih 47 negara yang bersekolah disana.

 

Beasiswa ini merupakan langkah dari Kedutaan Besar RI dan Qatar dalam  mempererat peningkatan kerja melalui beasiswa pendidikan.

 

Dubes Ridwan Hassan berharap akan semakin banyak mahasiswa dan pelajar asal Indonesia yang mendapat kesempatan belajar di Qatar terutama dari jalur beasiswa dan dapat menorehkan prestasi seperti yang telah dilakukan oleh Faris Farhan. [Democrazy/hops]

DEMOCRAZY News

Juni 22, 2022

(nahimunkar.org)