KTT G20 Bali: Di Depan Muka Menlu Rusia Sergei Lavrov, Presiden Ukraina Beri Peringatan Keras kepada Rusia

  • Dengan berapi-api, Presiden Ukraina beri tiga peringatan keras kepada Rusia di KTT G20 Bali
  • Bukan hanya memberi peringatan, Zelensky juga pamer kemenangan Ukraina di hadapan Menlu Rusia, Presiden Joe Biden, Preiden Xi Jinping dan sejumlah delegasi lainnya.

     


    Putin. Foto/ tribunnews.com

Jakarta –

Kritikus Faizal Assegaf menyoroti Presiden Rusia Vladimir Putin yang tidak hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Menurut Faizal Assegaf, tanpa kehadiran Putin, KTT G20 akan menjadi sia-sia.

Hal itu disampaikan Faizal Assegaf dalam akun Twitter pribadinya, pada Selasa 15 November 200.

“Presiden Putin tidak hadiri KTT G20, hasilnya UNFAEDAH. Tanpa Putin, G20 sia-sia! Terkesan wisata politik bg pemburu utang & pesta para rezim hipokrit,” ujar Faizal Assegaf.

“Rakyat +62 dan masyarakat internasional yg mengusung prinsip keadilan & kejujuran, bersimpati atas sikap Presiden Putin,” pungkasnya.

Sebelumnya, Rusia telah memberikan konfirmasi bahwa Putin tidak akan hadir dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi G20 atau KTT G20. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan juga mengungkapkan hal yang sama.

“Putin tidak hadir, karena tadi sudah menyampaikan, dia mengirim Menteri Luar Negeri untuk datang, saya kira itu paling tinggi dan kita menghormati itu,” kata Luhut Binsar Pandjaitan kepada awak media di Bali, Kamis (10/11).

Akan tetapi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melakukan komunikasi yang baik. Diharapkan, komunikasi tersebut bisa menurunkan tensi Ukraina dan Rusia.

“Tapi, Presiden sudah menyampaikan beliau sudah berkomunikasi dan kita berharap komunikasi bagus itu bisa menurunkan tensi Ukraina dan Rusia,” kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Sinyal ketidakhadiran Putin ini memang sudah terlihat. Dikutip dari Channel News Asia, Selasa (8/11), Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa percakapan dengan Putin pekan lalu memberinya kesan kuat bahwa pemimpin Rusia tidak akan menghadiri pertemuan di Bali.

Penulis/Editor: Devi Nurlita

WE NewsWorthy, Selasa, 15 November 2022, 14:15 WIB

 

***

KTT G20 Bali: Di Depan Muka Menlu Rusia Sergei Lavrov, Presiden Ukraina Beri Peringatan Keras kepada Rusia

Dengan berapi-api, Presiden Ukraina beri tiga peringatan keras kepada Rusia di KTT G20 Bali

 

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Bisnis.com, SOLO – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, hadir secara virtual di KTT G20 Bali pada Selasa, 15 November 2022.

Zelensky membawa pidato yang berapi-api, terutama soal konflik negara dengan Rusia yang sudah berjalan sembilan bulan.

Di depan Menlu Rusia Sergei Lavrov, Zelensky telah bersumpah untuk tidak menyerahkan satu inci pun wilayah kepada Vladimir Putin dalam setiap pembicaraan damai.

Bukan hanya itu, Zelensky juga memberikan syarat ketat kepada Rusia jika mereka mau melakukan negosiasi dengan Ukraina.

Seperti diketahui, AS dan beberapa negara Eropa telah memaksa Zelensky untuk mau membuka peluang damai dengan Rusia.

Meski demikian di KTT G20, Presiden Ukraina tersebut hanya mau negosiasi jika Rusia tulus. Sebelumnya, Rusia meminta beberapa wilayah Ukraina jika Zelensky mau duduk bersama Vladimir Putin.

“Ukraina selalu menjadi pemimpin dalam upaya perdamaian, dan dunia telah menyaksikannya. Dan jika Rusia mengatakan bahwa dia ingin mengakhiri perang ini, biarkan dia membuktikannya dengan tindakan,” kata Zelensky.

“Jika tidak ada tindakan nyata untuk memulihkan perdamaian, itu berarti bahwa Rusia hanya ingin menipu kalian semua lagi, menipu dunia dan membekukan perang tepat ketika kekalahannya menjadi sangat penting,” ia menambahkan.

Bukan hanya memberi peringatan, Zelensky juga pamer kemenangan Ukraina di hadapan Menlu Rusia, Joe Biden, Xi Jinping dan sejumlah delegasi lainnya.

“Dan sekarang, Kherson sudah dibebaskan. Apa artinya? Bagi Ukraina, operasi pembebasan Pasukan Pertahanan kami merupakan pengingat pertempuran-pertempuran di masa lalu, yang menjadi titik balik perang masa lampau,” tuturnya.

Hesti Puji Lestari – Bisnis.com 15 November 2022 | 12:55 WIB

(nahimunkar.org)