foto Dokter Indonesia Bersatu melakukan aksi unjuk rasa di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Selatan, Senin (20/5). (foto warta kota)


Jakarta – aksi protes terhadap berbagai kebijakan pemerintah terus digalakkan oleh berbagai lapisan masyarakat, baik dari kalangan mahasiswa, buruh dan baru-baru belum usai ‘bekas’ aksi unjuk rasa ribuan honorer K2 di Istana Negara beberapa waktu lalu, kini giliran dokter yang bakal memperjuangkan nasib mereka.

Ya, Senin (29/2), ribuan dokter yang tergabung dalam Dokter Indonesia Bersatu (DIB) akan mengge‎ruduk Istana Negara. Aksi damai ini, menurut Koordinator Lapangan M Noer Rizqie, adalah bentuk keprihatinan dokter Indonesia dengan masih karut marutnya pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN) di lapangan.

‎”Aksi 29 Februari ini merupakan bentuk konsistensi DIB dalam mendorong reformasi sistem kesehatan di Indonesia,” kata Noer, Minggu (28/2). Sebagaimana dilansir jpnn.com

Aksi damai DIB ini akan dilaksanakan di Bundaran HI pukul ‎08.30 WIB. Dilanjutkan dengan long march ke Istana Negara

“Tema yang kami usung dalam aksi damai ini adalah mendorong reformasi JKN yang berkeadilan bagi rakyat dan tenaga kesehatan,” ujarnya.

‎Ditambahkan Noer, aksi damai ini akan diikuti seluruh dokter, dokter gigi, dokter spesialis, konsultan, profesor di bidang kedokteran, Ko-ass Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi, residen FK/FKG, dokter internship, mahasiswa FK/FKG seluruh Indonesia.

“Kami mengharapkan partisipasi dari seluruh teman sejawat dokter dalam aksi ini. Titik kumpul di tugu Proklamasi pukul 07.00 wib. Dresscode-nya pakaian formal dengan Jas Snelly, Jas Ko-ass, atau baju jaga atau bedah,” paparnya. [kabarpergerakan.com/Senin, 29 Februari 2016]

***

Geruduk Istana, Ratusan Dokter Tuntut Jokowi Realisasikan Jaminan Pelayanan Kesehatan yang Adil dan Merata

unjuk_rasa_dokter_bes

Unjuk rasa Dokter Indonesia Bersatu (DIB) di depan Istana Merdeka. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com


Jakarta Aksi damai dari ratusan dokter seluruh Indonesia yang tergabung dalam Dokter Indonesia Bersatu (DIB) menuntut keadilan dari pemerintah. Aksi ini berlangsung di depan Istana Merdeka, Senin, (29/2). Mereka menuntut lima hal dari pemerintah.

Berikut lima tuntutan DIB :

  1. Menuntut komitmen politik dan anggaran pemerintah dalam pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN)
  2. Menuntut pemerintah mengutamakan keselamatan pasien dalam era JKN
  3. Menuntut pemerintah untuk menjamin pelayanan kesehatan yang adil dan merata
  4. Menuntut pemerintah untuk menekan biaya komponen pelayanan kesehatan
  5. Men‎untut pemerintah untuk menjamin profesionalisme dokter sesuai etika dan standar profesi serta mendapat perlindungan profesi dan hukum sesuai aturan yang berlaku.(sumber jpnn)

kabarpergerakan.com/Senin, 29 Februari 2016

(nahimunkar.com)