Friday, 24 October 2014, 14:25 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SLIPI – Sejumlah taman kerap digunakan sebagai tempat relaksasi. Namun banyak pula pihak yang mencuri-curi kesempatan untuk melakukan tindakan mesum. Oleh itu Pemerintah DKI Jakarta akan memasang CCTV di setiap taman untuk pengawasan yang lebih baik.

Warga setempat sering mengeluhkan hal tersebut. “Iya banyak yang pacaran kalau sore sama malem”, kata Iis penjual teh botol di taman Cattleya, Jakarta Barat, Selasa (21/10). Menurutnya kebanyakan di antara mereka adalah ABG (anak baru gede).

“Kebanyakan mereka berani berbuat seperti itu karena lampu yang temaram dan banyak semak-semak di taman”, kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Ir. Nandar Sunandar.

Selain itu ada beberapa taman yang sering digunakan untuk mangkal pekerja seks komersial (PSK), seperti di Taman Tubagus Angke. Petugas pertamanan saat ini sedang merancang sistem pengamanan taman untuk memberantas aktivitas mesum.

Tak hanya CCTV, nanti akan dipasang pula papan imbauan dan keterangan jam aktif taman. Program tersebut sedang dicari pendanaannya. Salah satunya adalah dengan kerja sama CSR perusahaan. Diharapkan dengan memasang sejumlah fasilitas, aktivitas terlarang di taman dapat berkurang dan lambat laun menghilang.

(nahimunkar.com)

(Dibaca 805 kali, 1 untuk hari ini)