Lafal kafir dalam Islam dari dulu tidak ada masalah. Namun belakangan ada gerombolan yang memasalahkannya. (NU Mau Hapus Istilah Kafir untuk Non Muslim, Ini Gejala Taat ke Orang Kafir dan Munafik?
https://www.nahimunkar.org/nu-mau-hapus-istilah-kafir-untuk-non-muslim-ini-gejala-taat-ke-orang-kafir-dan-munafik/ ).

Tingkah gerombolan itu bagai membuka pintu keburukan. Hingga timbul keburukan yang nyata, sampai hadits shahih yang ada lafal kafirnya pun dimasukkan dalam sesuatu yang dimasalahkan.

Betapa celakanya itu. Mari kita simak hadits ini:

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu dia berkata, Rasulullah bersabda:

إِنَّ مِنْ النَّاسِ مَفَاتِيحَ لِلْخَيْرِ مَغَالِيقَ لِلشَّرِّ ، وَإِنَّ مِنْ النَّاسِ مَفَاتِيحَ لِلشَّرِّ مَغَالِيقَ لِلْخَيْرِ ، فَطُوبَى لِمَنْ جَعَلَ اللَّهُ مَفَاتِيحَ الْخَيْرِ عَلَى يَدَيْهِ ، وَوَيْلٌ لِمَنْ جَعَلَ اللَّهُ مَفَاتِيحَ الشَّرِّ عَلَى يَدَيْهِ.

“Sesungguhnya di antara manusia ada kunci-kunci (pembuka pintu) kebaikan dan gembok-gembok (penutup pintu) keburukan. Dan di antara manusia ada kunci-kunci (pembuka pintu) keburukan dan gembok-gembok (penutup pintu) kebaikan. Beruntunglah orang yang Allah jadikan kunci-kunci kebaikan tersebut di kedua tangannya. Dan celakalah orang yang Allah jadikan kunci-kunci keburukan di kedua tangannya.” (HR. Ibnu Majah dihasankan oleh Al-Albani).

***

Coba kita simak berita berikut ini.

***

SUDAH KETERLALUAN! Hadits Nabi Terkait Sholat Yang Ada Kata “Kafirnya” Dipermasalahkan



[PORTAL-ISLAM.IDCuitan akun @eko_kuntadhi yang mempermasalahkan hadits Nabi terkait sholat mendapat sorotan luas.

“Mau mengimbau orang sholat, ya imbau aja. Gunakan kalimat baik dan mengajak. Gak usah bawa-bawa soal kafir segala. Apalagi ditampilkan di ruang publik. Bandara Husein Sastranegara, Badung,” kicau @eko_kuntadhi (10/8/2019).

Dalam cuitannya, si @eko_kuntadhi mengunggah foto di Bandara Husein Sastranegara, Badung, dimana terpampang terjemahan salah satu hadits Nabi terkait sholat.

Mau mengimbau orang sholat, ya imbau aja. Gunakan kalimat baik dan mengajak. Gak usah bawa-bawa soal kafir segala. Apalagi ditampilkan di ruang publik. 

Bandara Husein Sastranegara, Badung. pic.twitter.com/RJ0eaJGwqV

— Eko Kuntadhi (@eko_kuntadhi) August 10, 2019

Hadits terkait sholat yang dipermasalahkan itu adalah hadits berikut ini:

(( العَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ الصَّلاَةُ ، فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ ))


Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perjanjian yang mengikat antara kita dan mereka (orang kafir) adalah shalat, maka siapa saja yang meninggalkan shalat, sungguh ia telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah)

Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih.

Selengkapnya terkait hadits ini: https://rumaysho.com/16843-ingat-meninggalkan-shalat-itu-kafir.html

***

Si @eko_kuntadhi ini entah dia muslim atau bukan.

Yang jelas kicaunnya telah menimbulkan rekasi luas Umat Islam.

“Togog. Maksud lu itu Hadist gak baik? Agama itu bukan sesuai selera lu bong,” komen @dusrimulya menanggapi.

“Hadist itu perkataan, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam. Klo kira kamu tdk paham, lbh baik diam. Spy negeri ini adem, ga byk twit2 TOLOL & BODOH spt ini. Ingat, kamu menghina hadist berarti menghina Rasulullah!” ujar @BumantoroA.

“Pelan2 kaum Islamophobia ini makin kurang ajar. Kalau dibiarin lama2 umat Islam bicara agamanya dianggep kriminal,” kata alumni Al-Azhar @hasmi_bakhtiar.

Togog

Maksud lu itu Hadist gak baik?

Agama itu bukan sesuai selera lu bong

— Young Lawyer (@dusrimulya) August 11, 2019

Hadist itu perkataan, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam. Klo kira kamu tdk paham, lbh baik diam. Spy negeri ini adem, ga byk twit2 TOLOL & BODOH spt ini. Ingat, kamu menghina hadist berarti menghina Rasulullah!

— Sumedang Larang (@BumantoroA) August 11, 2019

Itu hadist Nabi..Hadist Nabi Harga Mati.

Kalau elu Kepanasan elu kaya setan Kafir

Tidak ada larangan diNKRI membacakan menulis hadist2 yg ada istilah Kafir..

— Ratu Sosmed (@Pemikir5) August 11, 2019

Pelan2 kaum Islamophobia ini makin kurang ajar. Kalau dibiarin lama2 umat Islam bicara agamanya dianggep kriminal. https://t.co/xdiXF2qzdj

— Hasmi Bakhtiar (@hasmi_bakhtiar) August 11, 2019

 

portal-islam.id, Senin 12 Agustus 2019

(nahimunkar.org)


 

(Dibaca 843 kali, 1 untuk hari ini)