China Diserang Norovirus, Sejumlah Mahasiswa Tumbang

  • Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, lebih dari 30 wabah norovirus telah dilaporkan secara nasional sejak September tahun ini dengan total 1.500 kasus.
  • Norovirus berasal dari keluarga yang sama sekali berbeda dari virus corona. Jika virus corona menyebar dari manusia ke manusia melalui cairan, norovirus menyebar dari kotoran orang yang terinfeksi.

     

Jakarta, –

Sejumlah mahasiswa di sebuah universitas di Provinsi Shanxi, China utara dilaporkan terpapar norovirus.

Universitas Keuangan dan Ekonomi Shanxi di Taiyuan mengatakan mahasiswa tersebut menunjukkan gejala muntah, diare, dan demam.

Otoritas pengendalian penyakit setempat telah mengkonfirmasi bahwa gejala para penderita disebabkan oleh infeksi norovirus.

Informasi dari otoritas pengendalian penyakit setempat kemudian dikonfirmasi oleh seorang anggota staf rumah sakit universitas, namun ia enggan memberikan informasi rinci soal berapa banyak mahasiswa yang telah terinfeksi.

Beberapa mahasiswa yang sakit langsung ditempatkan di asrama pria terdekat.

“Saat ini rumah sakit kampus dipenuhi oleh mahasiswa yang terinfeksi dan lantai di asrama laki-laki telah ditutup. Yang lainnya menghadiri kelas seperti biasa,” ucap beberapa mahasiswa di universitas tersebut kepada surat kabar lokal Red Star News dilansir dari Global Times, Selasa (13/10).

Pada Kamis malam pekan lalu pihak universitas mengeluarkan pernyataan, yang mengatakan bahwa setelah perawatan, kondisi para mahasiswa itu membaik, dan beberapa di antaranya telah pulih.

Pernyataan itu mengungkapkan bahwa pengujian oleh departemen pengawasan kesehatan kota tidak menemukan satu pun sumber makanan terkontaminasi di kampus yang mungkin menyebabkan wabah.

Lebih lanjut dijelaskan air minum kampus juga bukan sumber virus tersebut. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, lebih dari 30 wabah norovirus telah dilaporkan secara nasional sejak September tahun ini dengan total 1.500 kasus.

Norovirus berasal dari keluarga yang sama sekali berbeda dari virus corona. Jika virus corona menyebar dari manusia ke manusia melalui cairan, norovirus menyebar dari kotoran orang yang terinfeksi.

Penderita norovirus sering mengalami gejala gastrointestinal seperti mual, muntah, sakit perut dan diare dalam waktu 24 jam setelah makan.

(ndn/dea) 

CNN Indonesia | Selasa, 13/10/2020 07:55 WIB

 

***

 

 

Di China Lebih dari 70 Mahasiswa Terinfeksi Norovirus


Ilustrasi tenaga medis memeriksa pasien. (Photo by STR / AFP)

Jakarta, CNN Indonesia — 

Lebih dari 70 mahasiswa Universitas Shanxi, Taiyuan, China utara, dilaporkan terinfeksi norovirus. Mereka mengalami gejala seperti diare dan muntah mulai Rabu pekan lalu (7/10).

Dikutip dari Xinhua, Departemen Pengendalian dan pencegahan penyakit di Taiyuan mengambil sampel 28 kasus dari mahasiswa untuk tes norovirus pada Rabu dan Sabtu.

Setelah dilakukan pengetesan, 11 kasus dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut. Mulai Minggu pukul 17.00 waktu setempat 22 pasien yang menderita diare dan muntah akibat virus dan faktor lainnya dirawat di rumah sakit.

Universitas kini telah melakukan desinfeksi di asrama, ruang kelas, kantin, dan area publik lainnya untuk mencegah penyebaran. Otoritas pengendalian dan pencegahan lokal sedang menyelidiki sumber infeksi.

Norovirus bukan termasuk dalam keluarga virus corona yang telah menyebabkan pandemi Covid-19. Jika virus corona menyebar dari manusia ke manusia melalui cairan, norovirus menyebar dari kotoran kotoran orang yang terinfeksi.

Penderita norovirus sering mengalami gejala gastrointestinal seperti mual, muntah, sakit perut dan diare dalam waktu 24 jam setelah makan.

Pada Kamis malam, pihak universitas mengeluarkan pernyataan, yang mengatakan bahwa setelah perawatan, kesehatan siswa yang sakit telah membaik, dan beberapa di antaranya telah pulih.

Universitas juga menjelaskan bahwa berdasarkan pengujian oleh departemen pengawasan kesehatan kota tidak menemukan satu pun sumber makanan terkontaminasi di kampus yang mungkin menyebabkan wabah.

Lebih lanjut dijelaskan air minum kampus juga bukan sumber virus tersebut. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, lebih dari 30 wabah norovirus telah dilaporkan secara nasional sejak September tahun ini dengan total 1.500 kasus.

(ndn/dea) 

CNN Indonesia | Selasa, 13/10/2020 09:06 WIB

 

(nahimunkar.org)

(Dibaca 612 kali, 6 untuk hari ini)