Daftar Juara MHQH Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tingkat Nasional ke-13, Tahun 2021

  • Total hadiah yang disiapkan oleh pemerintah Arab Saudi adalah sebesar 1.040.500.000  rupiah.
  • Dubes Arab Saudi Di Jakarta: Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits MHQH Ke-13, Kepedulian Terhadap Dunia Islam

Ketua Dewan Hakim Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadis (MHQH) Tingkat Nasional ke-13 Tahun 2021, Said Agil Husin Al-Munawar mengumumkan daftar juara. Pengumuman ini dituangkan dalam surat bernomor 01/Kep.DH/MHQH.PS-NAS/XIII/2021.

“Keputusan ini berlaku sejak ditetapkan dengan ketentuan bahwa keputusan Dewan Hakim tidak dapat diganggu gugat,” ungkap Said, di Jakarta, Kamis (25/3).

Acara yang dibuka pada Senin (22/3) dan berlangsug hingga Kamis (25/3) di Hotel Millenium Jakarta, telah menghasilkan 50 peserta yang masuk ke babak final. Jumlah peserta keseluruhan dari 34 provinsi adalah sebanyak 200 peserta yang terdiri dari berbagai usia.

MHQH Tingkat Nasional ini merupakan kerja sama antara pemerintah Arab Saudi dengan Indonesia. Kepala Atase Agama Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi, Syech Ahmed bin Essa Al Hazmi, mengatakan bahwa MHQH awalnya diinisiasi Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud. Kemudian dengan dukungan penuh dari Kementerian Agama RI, maka acara tersebut sukss terselenggara.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kamaruddin Amin dalam sambutannya pada acara penutupan, Kamis (25/3) mengatakan, bahwa hubungan persahabatan dan kerja sama Indonesia dengan Kerajaan Saudi Arabia memiliki dimensi yang sangat luas, yaitu mencakup bidang agama, pendidikan, politik, ekonomi, dan kebudayaan.

Berikut daftar lengkap juara MHQH Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tingkat Nasional ke-13, Tahun 2021.

Hafalan Al-Qur’an
Kategori: Putri

Cabang 30 Juz
1. Rifdah Farnidah, Banten
2. Istiqomah, Kepulauan Riau
3. Indana Zulfa, DKI Jakarta

Cabang 20 Juz
1. Sri Rahayu Lestari Putri, Kepulauan Riau
2. Qurrota A’yun, Jawa Timur
3. Fitriani, Banten

Cabang 15 Juz
1. Norma, Kalimantan Barat
2. Nabilah Suharso, Sumatera Utara
3. Nur Fadhilah Wahid, Sulawesi Selatan

Cabang 10 Juz
1. Nurul Iffah Khumaira, Sulawesi Tenggara
2. Musta Dewi Indriyani, Kepulauan Riau
3. Fatihah Az-Zahra, Papua

Kategori Putra

Cabang 30 Juz
1. Yazid Fadhilah, Lampung
2. Bambang Alfino Adi Utomo, Jambi
3. Muhammad Juaini, Nusa Tengggara Barat

Cabang 20 Juz
1. Wildan Syukrillah, Banten
2. Muhammad Adzim Fadlan, Sulawesi Selatan
3. Alfin Firkhan Maulana, DKI Jakarta

Cabang 15 Juz

1. Andi Rahmat Yusuf Ihraja, Sulawesi Selatan
2. Ahmad Faiz Fikri, Sulawesi Tenggara
3. Khairullah, Kepulauan Riau

Cabang 10 Juz

1. Bayu Wibisono Damanik, Riau
2. Uli Satria, Aceh
3. Ali Hamzah Al-Fansuri, Kepulauan Riau

Hafalan Hadits Kitab Umdatul Ahkam

Kategori Putra
1. Rozin Nashrullah, Sulawesi Selatan
2. Za’im At-Thory, DKI Jakarta
3. Mohammad Alunk, Jawa Timur

Sumber : Kemenag.go.id

By  Moslem Today

Moslemtoday.com : 2021-03-25,11:49

***

Dubes Arab Saudi Di Jakarta: Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits MHQH Ke-13, Kepedulian Terhadap Dunia Islam


Dubes Kerajaan Arab Saudi, Syaikh Essam Abid Althaqafi memberi sambutan pada acara Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud 2021 ke-13/Ist

Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud 2021 ke-13 resmi dibuka Senin (22/3). Ratusan peserta perwakilan dari pondok pesantren di seluruh Indonesia terlihat sumringah menghadiri acara pembukaan yang dilaksanakan di Hotel Millenium Jakarta dengan tetap memenuhi aturan protokol kesehatan (Prokes) yang telah diberlakukan.


Hadir dalam acara yang berlangsung malam hari itu sejumlah pejabat eselon I dan II Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama dan Pejabat Kedutaan Besar Arab Saudi.

MHQH Tingkat Nasional ini merupakan kerja sama antara pemerintah Arab Saudi dengan Indonesia. Kepala Atase Agama Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi, Syech Ahmed bin Essa Al Hazmi, mengatakan bahwa MHQH awalnya diinisiasi Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud. Kemudian dengan dukungan penuh dari Kementerian Agama RI, maka acara tersebut sukss terselenggara.


“Kami apresiasi pemerintah Indonesia yang telah senang hati dan segala upaya untuk menyukseskan. Semoga semakin memeperkokoh hubungan kedua negara,” ujar Ahmed dalam sambutannya.

Sebanyak 250 Hafizh dan Hafizhah dari 34 provinsi di Indonesia mengikuti ajang yang berlangsung pada 22-25 Maret 2021. Cabang yang dilombakan terdiri atas hafalan 30 juz, 20 juz, 15 juz, dan 10 juz untuk putra dan putri.  Sedangkan hafalan hadits hanya untuk putra dengan menghafal Kitab Hadits Umdatul Ahkam.  

Dubes Kerajaan Arab Saudi, Yang Mulia Syaikh Essam Abid Althaqafi mengatakan dalam sambutannya bahwa ia senang ajang MHQH bisa berlangsung. Ajang ini merupakan bentuk kepedulian terhadap dunia Islam, baik di dalam negeri Arab maupun di luar negeri Arab.


Direktur Yayasan Amir Sultan bin Abdul Azis Al Saud, Sholeh Ibrahim Al Khulaifi, yang juga hadir dalam acara pembukaan, mengatakan bahwa MHQH digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap umat Islam untuk semakin cinta terhadap Alquran.

Tak kalah bersuka cita, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kamaruddin Amin berharap ajang ini bisa berjalan lancar sampai finalnya. Ia mengatakan, MHQH ini adalah upaya bersama dan juga sarana untuk menambah kecintaan, pemahaman, dan pengamalan terhadap Alquran dan sunah Nabi. Juga mengembangkan minat generasi penerus Tanah Air,” ujar Kamaruddin Amin.

Ia mengatakan, acara ini tetap pada komitmennya untuk menerapkan prokes secara ketat selama pelaksanaan Musabaqah. Panitia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Satgas Covid-19 Pusat dan rekomendasi dari Satgas Covid-19 Provinsi DKI Jakarta. 

EDITOR: RENI ERINA

nusantara.rmol.id Laporan: Reni Erina

Selasa, 23 Maret 2021, 06:06 WIB

(nahimunkar.org)

(Dibaca 226 kali, 1 untuk hari ini)