Mesin cuci kayuh [Istimewa/Facebook]

Ia berhasil memodifikasi mesin cuci rusak dengan alat mirip sepeda.

Suara.com – Dandy Abdulmalik, warga Kota DavaoFilipina, menjadi buah bibir setelah berhasil memodifikasi mesin cuci rusak dengan alat mirip sepeda.

Hasilnya, mesin cuci itu bisa dipakai dengan cara dikayuh seperti sepeda, sehingga tak memerlukan aliran listrik.

Informasi mengenai mesin cuci kayuh itu diunggah di akun Facebook Firm Faith-PH, Sabtu (7/4), yang dikutip Harian Jogja—jaringan Suara.com, Jumat (20/4/2018).

“Mesin cuci kayuh ini tersedia di Firm-Faith-PH. Dibuat oleh Dandy Abdulmalik Vincentio. Kota Davao,” tulis Firm-Faith-PH.

Pada kolom komentar, pengguna akun tersebut mengungkapkan kalau mesin cuci itu dijual dengan harga terjangkau. Bagi yang berminat diminta menghubungi lewat aplikasi obrolan.

Dalam video yang diunggah itu, tampak seorang pria berkaus abu-abu duduk di sebuah kursi. Di depannya ada alat khusus mirip sepeda.

Ia mempraktikkan cara mesin cuci kayuh dioperasikan. Cukup dengan mengayuh alat mirip sepeda itu, mesin cuci sudah mulai memutar cucian. Untuk mengubah arah putaran tinggal memutar balik arah kayuhan.

https://web.facebook.com/FirmFaithPH/videos/1270687609731446/

Saat direkam bagian belakangnya, mesin cuci itu benar-benar tidak tersambung dengan listrik, tapi disambungkan dengan alat mirip sepeda.

Sejak kali pertama diunggah hingga Kamis (19/4), video tersebut sudah viral dan ditonton lebih dari 1,7 juta kali. Lebih dari 30.000 warganet membagikan video mesin cuci kayuh.

“Bagus sekali ini, satu melangkah dua pulau terlampaui. Bisa olahraga dan mencuci,” tulis Lenny Serrano.

“Saat kamu butuh olahraga dan harus mencuci di waktu bersamaan,” tulis Sarah Rivera.

Sumber: suara.com / Reza Gunadha

(nahimunkar.org)

(Dibaca 533 kali, 1 untuk hari ini)