Darurat Covid-19, Masjid Al-Akbar Surabaya Tetap Gelar Sholat Jumat

Satgas penanganan Covid-19 melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan Disinfektan dilingkungan Masjid Al-Akbar, Surabaya, Selasa (17/3/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki

 

SURABAYA – Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 tidak menghalangi pelaksanaan ibadah Sholat Jumat di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Hanya saja pengurus Masjid akan menerapkan protokol khusus terkait kenyamanan para jamaah supaya terhindar dari paparan Covid-19.

Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, Helmy M Noor, mengatakan keputusan pelaksanaan ibadah Sholat Jumat tersebut sesuai dengan hasil rapat pengurus dan imam besar. “Dengan cacatan akan melakukan penetapan protokol terkait dengan kenyamanan jamaah,” kata dia, Kamis (19/3/2020).


Para jamaah yang akan masuk masjid dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun anti septik yang sudah disediakan. Pengurus sudah meletakkan sebanyak 50 sabun anti septik  di setiap tempat wudhu. Selain itu, saat pelaksanaan Sholat Jumat, hanya tiga pintu yang akan dibuka. Di setiap pintu tersebut sudah disediakan hand sanitizer.

Helmy mengatakan, kegiatan ibadah besok juga akan dikawal langsung oleh tim kedokteran. Suhu tubuh setiap jamaah yang akan melaksanakan ibadah Sholat Jumat akan diperiksa “Itu menjadi ikhtiyar dhohir kami supaya orang bisa nyaman,” pungkas dia. (nth)

 

jatim.sindonews.com, Ali Masduki, Kamis, 19 Maret 2020 – 17:28 WIB

 

(nahimunkar.org)

(Dibaca 73 kali, 1 untuk hari ini)