SPEKTANEWS (Jakarta) Calon Presiden nomor urut 2, Joko Widodo mengkritik keputusan Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informasi), Tifatul Sembiring, atas keputusannya menutup situs yang banyak memposting video dewasa dan porno, viemo.com, pertengahan Mei 2014 lalu.

Hal tersebut ditegaskan Joko Widodo di hadapan Netizen (para pengguna internet) di Hotel Lumire, Jakarta, Kamis (26/6), saat mereka menyinggung permasalahan situs vimeo.com yang telah diblokir Tifatul Sembiring.

Joko Widodo mengaku jika dirinya tidak menyukai pemblokiran situs. Capres usungan partai koalisi PDI-P ini juga menginginkan jika seharusnya kebebasan mengakses situs vimeo.com harus tetap dipertahankan agar tidak menghambat krativitas . Hal yang menurutnya diperlukan pemblokiran sebuah situs adalah ketika situs tersebut telah mengancam keamanan negara.

“Kebebasan itu biarkan tetap berjalan, saya terus terang anti blokir, tapi kalau menyangkut keamanan negara gimana tidak?” ujar Joko, usai acara, Jumat (27/6).

Saat berdialog, sejumlah Netizen menyampaikan keberatannya dengan keputusan Menkominfo yang telah memblokir situs vimeo.com.

“Itu yang saya tidak setuju,” tegas Jokowi.

Vimeo.com merupakan situs yang mirip dengan Youtube, hanya saja di vimeo.com memuat ribuan video yang tak layak diakses masyarakat, seperti video adegan intim pria dan wanita serta adegan wanita dan pria tanpa busana (bugil).

Untuk memproteksi tontonan yang tak layak, Kemenkominfo telah memblokir situs video tersebut pada pertengahan Mei 2014 lalu.

***

-definisi Netizens:
netizens merupakan istilah yang dibentuk dari kata Net (internet) dan Citizen (warga). Jika disatukan artinya kurang lebih ‘warga internet’ atau ‘masyarakat dunia internet’. (sumber: facebook.com/permalink).

***

Petunjuk Al-Qur’an:

الُمنَافِقُوْنَ وَاْلمُنَافِقَاتُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ يَأْمُرُوْنَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوْفِ وَيَقْبِضُوْنَ أَيْدِيْهِمْ نَسُوْا اللهَ فَنَسِيَهُمْ إِنَّ اْلمُنَافِقِيْنَ هُمُ اْلفَاسِقُوْنَ

67.  Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma’ruf dan mereka menggenggamkan tangannya[648]. mereka Telah lupa kepada Allah, Maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik. (QS At-Taubah: 67).

 [648]  Maksudnya: berlaku kikir

 وَالَّذِيْنَ كَفَروُا بَعْضُهُمْ أَوْلِياَءُ بَعْضٍ إِلاَّ تَفْعَلُوْهُ تَكُنْ فِتْنَةٌ فيِ اْلأَرْضِ وَفَسَادٌ كَبِيْرٌ

73.  Adapun orang-orang yang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. jika kamu (hai para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah itu[625], niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar. (QS Al-Anfal: 73)

 [625]  yang dimaksud dengan apa yang telah diperintahkan Allah itu: keharusan adanya persaudaraan yang teguh antara kaum muslimin.

{ وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا إِلَى مَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَإِلَى الرَّسُولِ رَأَيْتَ الْمُنَافِقِينَ يَصُدُّونَ عَنْكَ صُدُودًا} [النساء: 61]

61. apabila dikatakan kepada mereka: “Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul”, niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu.” (QS An-Nisaa’: 61).

(nahimunkar.com)

(Dibaca 8.126 kali, 1 untuk hari ini)