Reporter : Laurencius Simanjuntak, Jumat, 22 Februari 2013 20:28:33

wikipedia-profil-anas_832562387482

Sebagai ensiklopedia terbuka di dunia maya, Wikipedia bisa memuat informasi apa saja yang ditambahkan pengguna. Bahkan informasi nyeleneh pun terkadang muncul tanpa diduga.
Misalnya saja di profil Anas Urbaningrum. Pada tabel ‘jabatan politik’ di laman Wikipedia profil Anas, tertulis ‘DIGANTUNG DI MONAS!!’. Tertulis dalam tabel itu Anas Urbaningrum adalah Ketua Umum Partai Demokrat 23 Mei 2010-sekarang, didahului oleh Hadi Utomo. Namun, pada kolom ‘digantikan oleh’, tertulis ‘DIGANTUNG DI MONAS!!’

Entah siapa yang iseng menulis sindiran itu. Namun, soal digantung di Monas memang pernah diucapkan Anas pada Maret tahun lalu. Saat itu, pernyataan tersebut dilontarkan Anas untuk membantah isu yang menyebut dirinya terlibat dalam dugaan korupsi pembangunan sarana olahraga Hambalang.

“Jika Anas terbukti melakukan korupsi satu rupiah saja, saya siap di gantung di Monas,” kata Anas saat itu, usai jumpa pers mengenai rencana kenaikan BBM di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Maret 2012.

Namun belakangan, ketika disinggung soal ucapannya dulu, Anas tampak sangat sensitif. Saat memperingati Hari Pers nasional di Surabaya 20 Februari lalu, Anas cuma berucap ‘Silakan tulis apa saja boleh’ kepada wartawan, saat disinggung soal janji gantung di Monas.

Bahkan, politikus asal Madiun itu juga tampak agak sinis ketika ditanya apakah dia siap jika nantinya terbukti melakukan tindak korupsi.

“Sekarang saya balik tanya, Anda berharap itu ya? Ya itu jawaban saya,” jawab Anas ketus.

Semua ucapan Anas itu dilontarkan sebelum dia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Hambalang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini. Hingga saat ini, Anas belum memberi keterangan resmi soal penetapan status hukumnya tersebut.

Kira-kira apa yang akan dikatakan Anas soal janjinya digantung di Monas, setelah dicap sebagai tersangka korupsi?

[ren]

http://www.merdeka.com/peristiwa/di-wikipedia-profil-anas-ditulis-039digantung-di-monas039.html

(nahimunkar.com)

(Dibaca 585 kali, 1 untuk hari ini)