Diduga Dipicu Rebutan Lahan THR, 2 Ormas Ini Bentrok

  • … bentrokan dua ormas BPPKB vs ormas FBR diduga terjadi akibat rebutan lahan untuk meminta Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran Idul Fitri 2020.

     

Ilustrasi Bentrokan (Foto:Istimewa)

 

DEPOK, – Dua ormas yang diketahui memiliki banyak anggota tersebut bentrok di beberapa titik di wilayah Depok. Dua ormas yang bentrok tersebut yakni Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten (BPPKB) vs Forum Betawi Rempug (FBR).

 

Bentrokan terjadi dibeberapa titik yakni Jalan Gas Alam, Pekapuran, dan di Gang Nangka, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat pada Kamis 14 Mei 2020 malam.

 

Perkelahian dua ormas tersebut awal mula terjadi di wilayah Tapos, Depok yang mengakibatkan luka dan kerusakan pada pos Ormas FBR, sekitar pukul 16.00 WIB.

 

Kedua ormas itu pun sempat berdamai dengan dimediasikan Polsek Cimanggis.

 

“Dua Ketua Ranting pihak Ormas yang bertikai berdamai dan meminta agar masing-masing anggota Ormas tidak melakukan penyerangan,” kata Kapolres Metro Depok Kombes Azis Andriansyah, Jumat, 15 MEI 2020.

 

Namun, selang dua jam bentrokan awal dikabarkan Pos Ormas BPPKB Banten di wilayah Cimanggis dirusak, sekira pukul 18.00 WIB. Sehingga diadakan kembali mediasi di Polsek Cimanggis antara Ketua Ormas BPPKB Depok dengan Ketua Ormas FBR Depok.

 

“Isinya agar para anggota ormas membubarkan diri tidak ada yang berkumpul kembali dan tidak melakukan serangan, kemudian para Ketua Ormas tersebut bersama Kapolsek Cimanggis melakukan patroli keliling Cimanggis guna memberitahu anggota masing masing Ormas yang masih berkumpul agar membubarkan diri,” jelasnya.

 

Akan tetapi, bentrokan dari kedua kembali pecah, aksi saling serangan antara ormas yang bertikai terjadi daerah Kampung Sawah Cilodong, sekira pukul 23.30 WIB. Lalu selang waktu tak lama polisi mendapatkan informasi dua Ormas yang bertikai berkumpul di Jalan Raya Cibinong, Kampung Cimpaeun Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos Kota Depok.

 

“Mengetahui hal tersebut, anggota Polrestro Depok melakukan patroli ke tempat kejadian memeriksa 10 orang Anggota Ormas BPPKB Banten yang sedang berkumpul dan didapati pelaku membawa senjata tajam jenis pedang yang sempat di buang oleh pelaku, kemudian 10 anggota Ormas tersebut diamankan dan dibawa Ke Polrestro Depok guna pengusutan lebih lanjut,” pungkas Azis.

 

Sebelumnya, bentrokan dua ormas BPPKB vs ormas FBR diduga terjadi akibat rebutan lahan untuk meminta Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran Idul Fitri 2020.

 

“Satu orang kami tetapkan tersangka Asep Awaludin karena kedapatan membawa senjata tajam jenis pedang,” kata Kapolres Metro Depok Kombes Azis Andriansyah.

REQNews, Sabtu, 16 Mei 2020 – 16:03 WIB

(nahimunkar.org)

(Dibaca 496 kali, 1 untuk hari ini)