.

 

JAKARTA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia mengecam adanya cerita tentang Jokowi dalam naskah soal Ujian Nasional SMA. Dalam kaitan ini, KPAI menilai adanya dugaan politisasi UN melalui soal Bahasa Indonesia, yang berisi tentang cerita tentang Joko Widodo. Dari materinya jelas terdapat framing dan cenderung penggiringan opini.

“Setelah melakukan telaah mengenai isinya, KPAI meminta adanya investigasi lebih lanjut, karena ini jelas terindikasi susupan kepentingan politik,” ujar Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh kepada Okezone di Jakarta, Senin (14/4/2014) malam.

Dia menegaskan, ranah pendidikan tidak boleh disusupi oleh kepentingan politik. UN adalah instrumen akademik, sehingga menjadi bermasalah jika ditunggangi kepentingan politik. Untuk itu, KPAI meminta Mendikbud M Nuh selaku penanggung jawab pendidikan nasional segera melakukan investigasi lebih lanjut, terkait munculnya bacaan bernuansa politik ini.

“Siapa pembuatnya, atas motivasi apa, dan dengan gentle harus bertanggung jawab. Harus ada sanksi tegas agar kejadian serupa tidak terus terulang. Kabalitbang dan Ketua BSNP tidak boleh lepas tangan. Jangan susupi masalah akademik dengan urusan politik,” tegasnya.

KPAI sendiri, kata Asrorun, sudah melakukan komunikasi dengan Kadisdik DKI Jakarta, namun dia mengaku belum mengetahui kasus ini dan akan segera mencari informasi lebih lanjut dengan menghubungi Kepala PIH Kemdikbud untuk meminta adanya invstigasi. “Pelakunya jelas tidak punya etika,” sesal Asrorun.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, soal Ujian Nasional SMA yang dikerjakan sejumlah siswa di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terselip pertanyaan yang berisi biografi calon presiden dari PDI Perjuangan, yaitu Jokowi. Hal ini tak menutup kemungkinan juga terjadi dalam ujian nasional SMA di tempat lain.

Materi soal tersebut masuk dalam ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diujikan pada pagi tadi. Salah satu poin dalam soal tersebut menceritakan tentang biografi singkat Joko Widodo. Biografi singkat Jokowi tercantum dalam soal nomor 8 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada soal tersebut dijelaskan biografi singkat berisi tujuh baris  yang menceritakan tentang perjalanan Jokowi dari Wali Kota Solo selama dua periode hingga terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Dari pemaparan soal Jokowi para siswa lantas diminta untuk menentukan lima jawaban pilihan di bawahnya. Selain biografi Jokowi ada juga biografi singkat Soeharto, Putu Wijaya, dan Chairul Tanjung.

Berikut kutipan soal UN tersebut. “Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dikenal paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang upah minimum provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung.”
(trk) Senin, 14 April 2014 22:36 wib | Tri Kurniawan – Okezone

(nahimunkar.com)

(Dibaca 797 kali, 1 untuk hari ini)