Masjid Amir Hamzah di TIM lokasinya di basement parkiran (DOK Suaranasional)


Joko Widdodo (Jokowi) sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta membuat kebijakan kontroversi dengan merobohkan masjid Amir Hamzah di lokasi Taman Ismail Marzuki (TIM).

Saat itu Jokowi berjanji akan membangun kembali masjid itu dengan lebih besar.

Namun dalam kenyatannya, sampai sekarang di kompleks TIM itu tidak ada pembangunan masjid. Dan Masjid Amir Hamzah hanya diletakkan di basement parkir yang sangat sempit dan pengab.

Budayawan Betawi Ridwan Saidi mengingatkan, tindakan Jokowi yang tidak membangun kembali Masjid Amir Hamzah punya dampak negatif terhadap umat Islam. “Dulu Foke habis saat mau bongkar makam Mbah Priok, Jokowi bongkar Masjid Amir Hamzah nasibnya bisa seperi Foke. Ini bukan masalah ilmiah tetapi fakta adanya,” ungkap Ridwan.

Beberapa pengunjung TIM pun sangat kecewa karena Masjid Amir Hamzah tidak dibangun kembali. “Masjid hanya di basement dan sempit, harusnya dibangun dengan lebih besar sesuai janji Pak Jokowi,” ungkap Ahmad Budiarto (23) kepada suaranasional, Jumat (6/8).

Sinta (20) wanita berjilbab ini berharap Masjid Amir Hamzah dibangun kembali. “Kalau ada masjidnya khan lebih enak kalau shalat. Sekarang ini masjidnya di basement dan sempit lagi,” ungkap mahasiswi perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Berdasarkan pengakuan Sekretaris Pengurus Masjid Amir Hamzah TIM, Arief Wibowo pada 21 Oktober 2013, pembongkaran dan pemindahan masjid yang baru ini akan berlangsung selama dua tahun ke depan.

“Menurut rencana kerja, pembangunan masjid yang baru akan berlangsung dua tahun sejak akhir tahun ini. Supaya jamaah tidak terlantar, masjid sementara kami pindahkan ke basement Teater Jakarta,” kata Arief sebagaimana dikutip dari Republika, Senin (21/10).

Pernyataan itu pada 2013, namun pada kenyataannya sampai 2016, tidak ada tanda-tanda pembangunan Masjid Amir Hamzah di lingkungan TIM.

Masjid Amir Hamzah yang dibangun sejak era Gubernur Ali Sadikin ini telah dinobatkan sebagai cagar budaya dan telah banyak melahirkan seniman besar seperti Chaerul Umam, WS Rendra, dan Didi Petet.

Namun, pada tahun 2013‎ silam telah ‎dibongkar. Dahulu, Masjid Amir Hamzah adalah tempat ibadah yang layak. Namun kini, para seniman, mahasiswa dan pengunjung harus salat di basement.

Sumber: suaranasional.com/06/08/2016

(nahimunkar.com)

(Dibaca 3.483 kali, 1 untuk hari ini)