Tak hanya di Indonesia, aktivis liberal lesbian internasional asal Kanada Irshad Manji juga ditolak untuk mengisi kegiatan diskusi di Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM), yang sebelumnya direncanakan pada Senin, 14 Mei mendatang.

Penolakan Irshad Manji di Malaysia dilakukan dengan pembatalan diskusi Manji yang dilakukan langsung oleh Rektor IIUM, Prof Dato ‘Seri Dr Zaleha Kamaruddin beberapa hari lalu.

Sebelumnya, Irshad Manji dijadwalkan akan mengisi ceramah umum di lantai 2, Mini Auditorium, kampus IIUM Selangor, pada 14 Mei 2012, pukul 13.30-15.30 waktu setempat.

Ia dijadwalkan menyampaikan Ceramah Umum dengan tema “Keberanian Moral: Menciptakan Ruang untuk Islam & Demokrasi”.

Pada 12 Mei 2012, kegiatan Irshad Manji dalam temu pembaca dan peluncuran buku “Allah, Liberty and Love” di Toko Buku Borders, Curve, Petaling Jaya juga dibatalkan.

Islam Liberal Tidak Laku di Malaysia

Tak seperti pemberitaan di Indonesia yang heboh dengan kedatangan aktivis lesbian Irshad Manji, berdasar pantauan MuslimDaily.Net, pemberitaan media-media Malaysia dengan kedatangan Irshad Manji di negara itu sama sekali kosong.

Hasil penelusuran kami di media-media ternama setempat seperti The Star, The Sun Daily, dan The New Strait Times, ketiga media besar Malaysia itu tidak satupun memberitakan Irshad Manji.

“Islam liberal tidak laku di sini (Malaysia_red),” kata seorang warga muslim Malaysia di sebuah blog.

Irshad Ditolak di Indonesia

Sebagaimana diketahui, berbagai kegiatan dan acara Irshad Manji ditolak, dibatalkan, dan dibubarkan di sejumlah tempat dan kota di Indonesia. Di Jakarta, diskusi Irshad Manji di Salihara dibubarkan kepolisian karena desakan warga setempat dan tidak berizin. Di Solo, Diskusinya juga ditolak oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan dibatalkan oleh panitia di Balai Soedjatmoko setelah memperoleh desakan dari warga Solo.

Di Yogyakarta, Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) juga membubarkan dan membatalkan kegiatan diskusi Irshad Manji di kampus biru itu. Terakhir, kegiatannya di LKiS Yogyakarta juga dibubarkan paksa oleh sejumlah warga umat Islam Yogyakarta. [muslimdaily] Diposting Minggu, 13-05-2012 | 20:12:54 WIB

(nahimunkar.com)

(Dibaca 460 kali, 1 untuk hari ini)