Mata saya terbelalak ketika melihat ada petunjuk mesin, situs nahimunkar.org ada pembacannya yang tinggal di Negeri Kiribati.

Di mana ya, negeri itu?

Lalu saya tanya ke Mbah Google. Keluar jawaban yang banyak. Lalu saya pilih satu saja.

Ini jawabannya.

***

10 Fakta Kiribati yang Terancam Hilang, Negara Pertama Matahari Terbit

Kabarnya hanya bertahan hingga 2050

Sunrise termasuk salah satu momen yang paling dinantikan banyak orang. Bahkan, sebagian orang rela berkeliling dunia untuk menemukan spot sunrise terbaik. Beberapa spot sunrise terbaik di Indonesia bisa kamu temukan di Candi Borobudur, Gunung Ijen, Bukit Sikunir, Puncak Semeru, dan sebagainya.

Namun, tahukah kamu di mana pertama kali matahari terbit di dunia? Terletak di Samudera Pasifik, ada sebuah negara kecil bernama Republik Kiribati. Negara ini begitu indah, tak kalah dengan tetangganya, Hawaii.

Sayangnya di balik keindahannya, negara ini terancam tenggelam layaknya Atlantis. Banyak sekali fakta unik dan menarik yang bisa didapat dari Kiribati. Simak rangkuman IDN Times di bawah ini!

1. Kiribati terdiri dari 32 atol (kumpulan terumbu karang yang berbentuk melingkar ) dan satu pulau (Banaba)

2. Tarawa merupakan ibu kota Kiribati. Sebuah pulau tersendiri yang terletak di separuh perjalanan antara Hawaii dan Australia

dronestagr.am

3. Berada di dekat International Date Line, Kiribati menjadi tempat pertama di bumi yang merasakan sinar matahari

4. Titik tertinggi Kiribati hanya 81 meter di atas permukaan laut yang terletak di Pulau Banaba

pinterest.com/twanddean

5. Sejak 1999, sudah mulai banyak pulau kecil tidak berpenghuni di Kiribati yang tenggelam dan hilang

6. Menurut Jurnalis Independen Anna Therese Day yang pernah ke sana 2014, Kiribati tak bakal layak huni pada 2050

7. Kondisi Kiribati kian buruk akibat erosi pantai dan kontaminasi air tawar

8. Meski begitu, Kiribati memiliki festival tahunan setiap Maret, yakni Festival Hari Yap

9. Salah satu wisata terbaiknya adalah Cagar Alam Pulau Phoenix. Salah satu area lautan yang dilindungi dan terbesar di dunia

10. Cagar alam ini menjadi rumah bagi 120 spesies tumbuhan karang dan lebih dari 500 spesies ikanhic.com

Bagi kamu yang pengin merasakan pesona Kiribati, siapkan biaya sekitar Rp45 juta untuk tiket pesawat pulang-pergi. Setidaknya kamu harus dua kali melakukan transit, yakni di Singapura dan Fiji.

Jadi, apakah kamu akan menjadikan Kiribati sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup?

idntimes.com/travel, Jan 19 | 20:30

***

Biaya jalan2 ke Kiribati sudah cukup untuk perjalanan ibadah Umroh

{رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ} [آل عمران: 191]

“Wahai Tuhan kami! Tidaklah Engkau menjadikan benda-benda ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari azab neraka(191)» [Al-i’Imran: 191]

Diriku berada di negeri yang orang barat menyebutnya termasuk negeri timur. Tetapi ternyata negeri timur yang pertama menikmati cahaya matahari terbit tiap hari di timur yakni negeri Kiribati, masih jauh dari negeri yang saya tempati. Bahkan di artikel itu, kalau mau ke sana harus punya bekal puluh2an juta rupiah.

Saya jadi ingat, bumi Allah yang paling mulia, tanah Haram (tanah suci) Makkah, Madinah, dan Masjidil Aqsha penting untuk didatangi untuk beribadah, dan akan mendapat pahala 100 ribu kali lipat bila shalat di Masjidil Haram Makkah dibanding ibadah shalat di masjid tempat lain yang bukan tanah suci.

Ketika berhaji dan umroh tujuannya adalah tanah suci Makkah, Masjidil Haram yang ada Ka’bahnya, dan juga Masjid Nabawi di Madinah.

Biaya misalnya untuk ke Kiribati melihat-lihat matahari terbit, kalau dihitung-hitung sudah sangat cukup bila untuk perjalanan ibadah umroh. Apalagi sekarang sudah dibolehkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Sayangnya, kini dibatasi hanya sampai umur 60 tahun yang boleh umroh. Padahal Desember 2019 sebelum ada wabah corona, saya bertemu penyair Islami yang kondang Pak Taufiq Ismail di Makkah berumroh, dan dia sepertinya sudah umur 70 tahun lebih, dalam keadaan sehat wal afiat.

Semoga kebijakan soal Umroh yang kini membatasi hanya sampai umur 60 tahun itu dihapus. Karena kemungkinan justru banyak Umat Islam yang sudah lama bercita-cita dan brdoa agar bisa berhaji dan berumroh, sedangkan umurnya lebih dari 60 tahun, lalu ternyata terhalang hanya karena adanya pembatasan umur.

Ya Allah, kasihanilah hamba-hambaMU yang tua2, tanpa salah apa-apa tapi terkena batasan umur yang dibuat oleh manusia, ya Allah… hingga terhalang ketika mau besimpuh ibadah di depan Ka’bah Baitullah tempat suci yang paling mulia di bumiMu ya Allah…

(nahimunkar.org)

(Dibaca 212 kali, 1 untuk hari ini)