Dua ulama Muslim yang diusir dari penerbangan Delta Air Lines di Memphis sewaktu mereka akan melakukan perjalanan ke sebuah konferensi agama bulan Mei lalu telah mengajukan gugatan federal terhadap maskapai penerbangan Delta dan kemitraannya.

Pada tanggal 6 Mei lalu Masudur Rahman dan Mohamed Zaghloul, yang keduanya mengenakan pakaian Muslim tradisional, akan melakukan perjalanan ke sebuah konferensi Islam di Charlotte, NC, yang diselenggarakan oleh Federasi Imam Amerika Utara. Topik konferensi adalah “Islamophobia.”

Rahman, yang berasal dari Pakistan, adalah profesor Arab di University of Memphis. Sedangkan Zaghloul, yang berasal dari Mesir, adalah pemimpin agama di Islamic Association of Greater Memphis.

Di Memphis International Airport, kedua ulama ini ditolak untuk terbang setelah mengalami pos pemeriksaan bandara dan menaiki pesawat.

Setelah mereka naik pesawat dan mengambil kursi mereka, agen maskapai penerbangan meminta untuk melihat identifikasi mereka dan sekali lagi memeriksa mereka sebelum terbang, menurut gugatan yang diajukan Senin lalu (19/12).

Sesaat setelah pesawat mulai akan meninggalkan landasan pacu, pilot mengumumkan mereka akan kembali ke pintu gerbang. Kedua ulama tersebut diperintahkan untuk mengambil tas mereka dan turun dari pesawat.

Menurut gugatan itu, supervisor Delta mengatakan kepada penumpang bahwa pilot “percaya kehadiran kedua ulama di pesawat akan membuat penumpang lain merasa tidak nyaman.”

Gugatan itu mengatakan keputusan pilot didasarkan pada alasan sewenang-wenang dan berubah-ubah, termasuk sentimen pribadinya yang terbentuk atas ras, agama dan asal-usul kebangsaan.

“Dalam upaya mereka untuk menghadiri konferensi nasional tentang melawan bangkitnya anti-Muslim, Masudur Rahman dan Mohamed Zaghloul, mengalami tindakan diskriminasi yang mereka berharap hal itu tidak harus terjadi,” kata gugatan itu.

Mereka meminta pengadilan untuk menyatakan tindakan pilot adalah salah dan melarang maskapai melakukan diskriminasi terhadap penumpang. Mereka juga menuntut adanya kompensasi dan tindakan hukum yang tegas.(fq/commercialappeal)

ERAMUSLIM > DUNIA

http://www.eramuslim.com/berita/dunia/dua-ulama-muslim-akhirnya-ajukan-gugatan-kepada-delta-air-lines-memphis-as.htm
Publikasi: Kamis, 22/12/2011 12:20 WIB

(nahimunkar.com)

(Dibaca 244 kali, 1 untuk hari ini)