/kps

Kematian Brigadir Joshua sudah dikaitkan-kaitkan dengan Satgassus Merah Putih yang dipimpin Irjen Ferdy Sambo saat masih aktif jadi Kadiv Propam. Peristiwa penembakan yang menyebabkan kematian Brigadir Joshua itu pun sudah dikaitkan-kaitkan dengan Satgassus Merah Putih yang dipimpin Irjen Ferdy Sambo pada saat menjabat Kadiv Propam Polri.

Satgassus yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pada 2019 lalu menjadi awal penyebab tewasnya Brigadir Joshua. Hal itu diungkap Eks Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Nanik S Deyang dalan tulisannya berjudul ‘SATGASSUS’.

Konon katanya penyebab kematian Brigadir Joshua itu tak hanya berpusat dengan kasus pelecehan seksual, seperti yang diberitakan media-media besar. Dibocorkan Nanik, bahwa kematian Brigadir Joshua itu juga berkaitan dengan ‘Pengkhianatan’ yang membocorkan operasi Satgassus terkait banyaknya uang mengalir kepada pembesar Polri yang tidak dalam bagian Satgassus.

“Kabarnya brigadir J membocorkan operasi Satgassus berkait duit gede pada pembesar Polri yang tidak dalam bagian Satgassus?,” tulis Nanik. “Itulah sebabnya pengacara keluarga mengatakan bahwa brigadir J sudah diancam dibunuh oleh pengawal Sambo yang lain yang berinisial D sejak sebulan sebelum terjadi pembunuhan,” bebernya.

Dalam tulisannya itu, Nanik juga membeberkan tugas pokok Satgassus Merah Putih. Salah satunya fokus kebada kasus dunia hitam. Seperti kasus narkoba, perjudian termasuk judi online, pencucian uang, politik, agama atau teroris, sampai soal UU IT.

Dengan deretan kasus-kasus aman yang ditangani Satgassus itu, kata Nanik, saat ini pihak kepolisian terlihat terbelah dengan adanya organisasi non struktural di Polri yang bernama Satgassus.

“Pokoknya setiap kasus besar dan ramai di media Satgassus inilah yangg bergerak,” tulisnya.

Nanik juga mengungkap, Satgassus Merah Putih juga mempunyai power full dan menjadi super body di institusi Polri. Karena Satgassus bisa mengintervensi kasus-kasus besar yang ditangani setiap Polda di Indonesia.

“Satgassus juga bisa mengintervensi kasus-kasus besar di Kepolisian baik di tingkat pusat maupun di Polda-Polda. Menurut media, putaran duit yang diurus Satgassus ini mencapai trilyunan,” tulisnya.

Karenanya, Presiden Jokowi diminta turun tangan membubarkan organisasi non struktural Satgassus. Karena Satgassus dinilai hanya akan membuat terbelah kepolisian lantaran ada lembaga super body yang bertanggungjawab hanya kepada Kapolri.

“Dengan Satgassus dibubarkan Presiden, maka akan bisa dibelah dengan transparan apa saja selama ini yang ditangani Satgassus. Termasuk kasus brigadir J,” ujarnya.(AHM/pjksatu)

KNews.id-8 August 2022, 21:16

(nahimunkar.org)