Empat Daerah Masih Masuk dalam Level 4 Pemberlakuan PPKM, 13 Kota Lepas dari Belenggu PPKM Level 4

  • Pemerintah melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari 3-9 Agustus di beberapa kabupaten/kota

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Keputusan itu disampaikan Jokowi dalam keterangan pers yang ditayangkan kanal Youtube Sekretariat Presiden pada, Senin malam (2/8/2021).

“Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari 3-9 Agustus di beberapa kabupaten/kota,” ujarnya.

Silakan simak ini.

***

Angka Kematian Tinggi, Luhut Wanti-Wanti Empat Daerah Ini

Empat daerah ini masih masuk dalam level 4 pemberlakuan PPKM.

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ada empat daerah yang masih menjadi perhatian khusus pemerintah. Empat daerah ini menjadi perhatian karena punya angka kasus kematian karena Covid-19 yang tinggi.

Luhut merinci empat wilayah tersebut adalah Bali, Yogyakarta, Malang Raya, dan Solo Raya. Luhut menjelaskan empat daerah ini masih masuk dalam level 4 pemberlakuan PPKM. Tingginya angka kematian di empat wilayah ini karena banyaknya kasus positif namun tidak mendapatkan akses fasilitas kesehatan. Banyak di antaranya melakukan isolasi di rumah. Karena tak terpantau, terjadi perburukan dan akhirnya meninggal.

“Hal ini terjadi karena masih banyaknya masyarakat yang melakukan isolasi mandiri sehingga telat dilakukan perawatan intensif di rumah sakit yang akibatnya menyebabkan kematian karena saturasi oksigen mereka rata-rata di bawah 90,” ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin (2/8).

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Mas Alamil Huda

REPUBLIKA.CO.ID, Senin 02 Aug 2021 20:43 WIB

***

13 Kota Lepas dari Belenggu PPKM Level 4

 
 

Jakarta, – Sebanyak 13 Kabupaten/kota di Jawa dan Bali mendapatkan pelonggaran dalam kebijakan PPKM. Daerah tersebut sebelumnya dikenakan kebijakan PPKM level 4, namun kemudian diturunkan menjadi level 3 bahkan level 1.

“Dalam penerapan PPKM Level 4 dan 3 yang akan dilakukan pada 03 Agustus nanti, terdapat 12 Kabupaten Kota yang dapat masuk ke Level 3 dan 1 Kabupaten yang masuk ke Level 2. Namun terdapat beberapa Kabupaten Kota yang akhirnya kembali pada Level 4, bukan karena peningkatan kasus tetapi lebih kepada peningkatan kasus kematian,” ujar Luhut, dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Meski demikian, Luhut belum memaparkan daftar kota dan kabupaten yang bertahan di PPKM level 4 maupun yang mendapatkan pelonggaran. “Terkait detail Kabupaten Kota mana saja yang masuk kedalam Level 3 dan 4 akan dikeluarkan Inmendagri dalam waktu dekat ini,” ujar Luhut.

Luhut menambahkan, ada beberapa daerah yang memang dibutuhkan perhatian khusus karena masih tingginya jumlah kasus terkonfrimasi, positivity rate dan juga jumlah kematian warganya. Wilayah tersebut seperti Bali, Malang Raya, DIY dan Solo Raya.

“Hal ini terjadi karena masih banyaknya masyarakat yang melakukan Isolasi mandiri sehigga telat dilakukan perawatan intensif di Rumah Sakit yang akibatnya menyebabkan kematian karena saturasi oksigen mereka rata-rata di bawah 90,” ujar Luhut.

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Keputusan itu disampaikan Jokowi dalam keterangan pers yang ditayangkan kanal Youtube Sekretariat Presiden pada, Senin (2/8/2021).

“Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari 3-9 Agustus di beberapa kabupaten/kota,” ujarnya.

Dalam pembukaannya, Kepala Negara memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh tenaga kesehatan.

“Pertama-tama saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Tenaga Kesehatan, Dokter, Perawat yang berada di garda terdepan dalam menyelamatkan pasien akibat covid-19,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Hal ini atas pengertian dan dukungannya terkait pelaksanaan PPKM Level 4.

“Saya juga sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas pengertian dan dukungannya atas pelaksanaan PPKM yang kita lakukan,” imbuh Jokowi.

CNBC Indonesia NEWS – Anisatul Umah, CNBC Indonesia

02 August 2021 20:30

(nahimunkar.org)

(Dibaca 203 kali, 1 untuk hari ini)