Kopas

Aboutaleb menyatakan bahwa dirinya tidak khawatir dengan salafisme. “Salafi juga dapat ditemukan di antara orang Kristen, jika anda melakukan pendekatan linguistik. Salaf adalah orang-orang terdahulu, dan seorang salafi adalah seseorang yang ingin terlihat seperti pendahulunya. Misalnya, seorang Muslim yang ingin terlihat seperti Muhamad. Dalam agama Kristen anda juga memiliki orang-orang yang ingin terlihat seperti Kristus dalam tindakan mereka. “Every Muslim is a bit of a salafist”, katanya.

Menurutnya “salafism should not be banned, but the line should be drawn in the use of violence. The Salafists who want to be violent form a compact group”. “You have to track them down and isolate them.” Imbuh Abutaleb.

Walikota Rotterdam ini kadang menyebut dirinya sebagai Jihadis, “Saya bangun setiap hari pada pukul 07 pagi untuk memberi pelayanan di sebuah kota di Belanda. Itu adalah jihad dalam bentuk yang nyata”. Aboutaleb juga mengatakan bahwa ada banyak definisi jihad, “dimana perjuangan bersenjata hanyalah satu diantara bentuk jihad itu sandiri. Itupun dilakukan dalam rangka bertahan diri dari penyerangan,”.⠀

Pernyataan-pernyataan ini memantik kegaduhan dimedia sosial dan mengundang banyak berkomentar.
Melalui akun Twitternya Geert Wilders Pemimpin PVV mengatakan.”Seorang salafi menjadi walikota dari kota terbesar kedua di Belanda adalah benar-benar aib dan ancaman. Dia harus segera dicopot dari jabatannya.”
Namun seperti biasa, cuitan Wilders itu tidak mendapat tanggapan yang berarti.

Aboutaleb lahir di Beni Sidel, Maroko tahun 1961 dan berimigrasi ke Belanda pada usia 14 tahun. Ia pernah bekerja sebagai wartawan dan pernah menjadi juru bicara seorang menteri di Belanda. Karir politiknya terus naik, dia kemudian diangkat menjadi Mentri Sosial Belanda pada tahun 2007 & terpilih sebagai Walikota Rotterdam pada tahun 2008.

Catatan: Saya suka pemaknaan beliau tentang Salafy. Semoga beliau bisa menjadi pengayom bagi warga negara muslim di Belanda.

Amiin

Via Fb Wildan Hakim

(nahimunkar.org)

(Dibaca 1.493 kali, 1 untuk hari ini)