KIBLAT.NET, Bekasi – Sekretaris Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi KH Hasnul Kholid menegaskan pihaknya tidak ada kaitannya dengan acara Festival Kuliner Lintas Iman yang digelar di alun-alun Bekasi pada Ahad, (17/01.)

“Acara ini bukan digagas oleh FKUB Kota Bekasi, yang menggagas itu adalah pemuda lintas iman Jabodetabek. Dan ini tidak ada kaitannya dengan FKUB,” jelas Hasnul kepada Kiblat.net pada Senin pagi, (18/01).

Hasnul menyatakan pihak FKUB Kota Bekasi merasa kecolongan dengan acara Festival Kuliner Lintas Agama ini. “Tapi saya gak tau apakah ini kecolongan pemda dan aparat juga saya nggak tahu,” sambungnya.

Menurutnya, dari laporan para tokoh agama di Bekasi, acara ini ternyata tidak mengantongi izin dari sejumlah pihak yang berwenang. Padahal, acara Festival Kuliner Lintas Iman ini digelar seharian dari pagi sampai jelang magrib.

“Untuk acara semacam itu harusnya izin ke Pemda, dan juga ada beberapa peryaratan lain. Bisa ke pemda saja, bisa juga dengan pihak lain yang terkait. Acaranya sebesar apa? apakah perlu pengamanan polisi atau tidak? Yang jelas keramaian seperti itu harus izin pemerintah,” kata Hasnul.

Ia juga mempertanyakan acara lintas iman yang di dalam spanduknya seolah disponsori oleh sejumlah ormas Islam seperti Fatayat NU, PMII dan GP Ansor.

Terkait dengan kehadiran Ahmadiyah dalam acara Festival Kuliner Lintas Iman itu, FKUB Kota Bekasi juga merasa kecolongan. Pasalnya, ajaran Ahmadiyah telah dilarang melakukan kegiatan di Kota Bekasi berdasarkan peraturan SKB 3 Menteri.

“Betul ada Ahmadiyah di sana, padahal Ahmadiyah di Kota Bekasi sudah dilarang,” ujarnya.

Ia menilai, acara semacam itu bisa meresahkan masyarakat dan memancing terjadinya perselisihan antar umat beragama.

“Saya meminta ketegasan pemerintah. Kalau memang terbukti tidak berizin harus ditindak, kalau ternyata berizin malah lebih tanda tanya lagi lah,” pungkas Hasnul.

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Sumber: kiblat.net/Senin, 18 Januari 2016

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.197 kali, 1 untuk hari ini)