depoknews.com | Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang menjalankan ibadah umrah.

Di saat yang bersamaan, beredar foto Jokowi memakai baju ihram. Gubernur DKI Jakarta nonaktif itu memakai baju tersebut terbalik.

Ihram merupakan pakaian wajib kaum muslimin yang hendak melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Pakaian Ihram adalah pakaian putih yang yang disebut juga pakaian suci, pakaian ini tidak boleh dijahit.

Cara pemakaiannya dililitkan kesekeliling tubuh (jama’ah pria). Sehelai melilit tubuh mulai dari pinggang hingga dibawah lutut dan sehelai lagi diselempangkan mulai dari bahu kiri kebawah ketiak kanan.

Hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari pihak Jokowi terkait keabsahan foto itu.  Namun menurut penelusuran depoknews.com, foto yang beredar itu pertama kali berasal dari metrotvnews.com.

jokowi Umroh-

Foto Jokowi saat hendak umron, seperti diambil dari situs metrotvnews.com, saat ini foto itu telah dihapus oleh metrotvnews.com

Sebelumnya, petama kali foto Jokowi saat umroh dipublikasikan lewat berita foto metrotvnews.com dengan bisa dikunjungi link berikut ini: http://foto.metrotvnews.com/view/2014/07/07/262200/jokowi-jalani-ibadah-umrah . Namun saat ini foto di dalam album itu telah berubah.

Foto yang beredar di twitter https://twitter.com/Metro_TV/status/486007759905632256

Jika ditelusu lebih lanjut, foto tersebut masih tersimpan di direktori file situs metrotvnews.com, berikut salah satu linknya  http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/photos/2014/07/07/4843/15338_medium.jpg?w=700

Pendukung Jokowi di media sosial pub berusaha membela jika foto yang beredar itu palsu alisa hasil editan.

Foto pembelaan Kubu jokowi di facebook

Akun resmi facebook PDI Perjuangan pun mengklaim jika foto yang beredar itu palsu. “Ini foto asli Ihram Jokowi. Silahkan disebarluaskan untuk membungkam tukang edit foto,” tulisnya dalam akun official PDIP Perjuangan

Jokowi salah umroh

Namun pembaca dan warga sosmed lain bisa membuktikan sendiri mana yang asli mana yang palsu.

depoknews.com | Monday, 7/7/14 , 23:03 WIB

(nahimunkar.com)

 

(Dibaca 3.671 kali, 1 untuk hari ini)