Ini Dia Pemegang Saham Terbesar Freeport

Carl Icahn dilaporkan memiliki 88 juta saham dari perusahaan penambang ini.

Berikut ini beritanya.

***

Ichsanuddin Noorsy : Freeport Adalah VOC Era Baru

Selasa, 15/12/2015 13:11:16

Ichsanuddin-Noorsy

Pengamat Ekonomi Ichsanuddin Noorsy

Jakarta (SI Online) – Pengamat Ekonomi Ichsanuddin Noorsy, menegaskan bahwa PT. Freeport Indonesia adalah penjajah VOC era baru, dan atas pernyataannya itu dia bersedia mempertanggungjawabkan secara akademik.

“Jadi secara akademik bisa dipertanggung jawabkan bahwa Freeport adalah neo VOC,” kata Noorsy dalam diskusi ‘Keniscayaan Nasionalisasi Dibalik Sengkraut Freeport’ di Jakarta, Ahad (13/12).

Ia menceritakan, ketika Undang-Undang tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara dikeluarkan, Duta Besar Amerika Serikat marah besar.

Ketika itu Dubes AS mengatakan “Ngapain anda mengeluarkan undang-undang baru, itu merusak perjanjian yang sedang berjalan,” tutur Noorsy mengulang pernyataan Dubes AS.

Selain itu, Noorsy menilai Permainan Menteri ESDM Sudirman Said, hanya membongkar skenario yang dirancang yaitu dengan mengubah Undang-Undang Minerba tahun 2009.

Situasi di Kementrian ESDM sendiri masih goncang, ada perebutan kekuasaan yang sedang berlangsung.

Namun Noorsy menyerukan kepada masyarakat untuk tetap fokus mengawal undang-undang Minerba yang sedang direvisi agar Indonesia berdaya atas sumber daya yang dimiliki.

“Indonesia posisinya sangat dibutuhkan dalam percaturan politik ekonomi internasional, makanya banyak upaya pelemahan terhadap Indonesia,” pungkasnya.

Pernyataan sama juga disampaikan oleh Ketua Umum PB Pemuda Muslim Indonesia Muhtadin Sabilly.

“PT. Freeport Indonesia menjadi VOC era baru, dimana politik Devide Et Impere memecah belah bangsa untuk melanggengkan di bumi Papua serta mengeruk kekayaan tanpa keadilan,” kata Muhtadin Sabilly di tempat yang sama.

red: adhila

sumber: aktual.com

***

Ini Dia Pemegang Saham Terbesar Freeport

Carl-Icahn

Carl Icahn, orang terkaya dunia nomor 31 menurut Forbes. (foto: benzinga.com)

Jakarta (SI Online) – Perusahaan yang kini jadi bahan perbincangan, PT Freeport Mcmoran, sebagian besar sahamnya ternyata milik investor tersohor, Carl Icahn. Icahn dilaporkan memiliki 88 juta saham dari perusahaan penambang ini.

Situs berita CNBC, pada Agustus lalu melaporkan, Icahn menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan penambang emas dan tembaga terbesar di dunia tersebut.

Boleh jadi namanya kurang begitu terkenal jika dibandingkan Bill Gates, Warren Buffet atau miliarder lain di dunia. Yang pasti dia adalah salah satu orang terkaya di dunia.

Dari data yang dirilis Forbes, Icahn adalah orang terkaya dunia nomor 31, dan di Amerika, pria berumur 79 ini adalah yang terkaya ke-20.

Dikutip dari Forbes, Ahad (13/12/2015), kekayaan pria yang kini menetap di New York ini mencapai US$ 20,3 miliar, atau jika dirupiahkan bisa mencapai Rp282,4 triliun dengan kurs Rp13.914/dolar.

Ichan dikenal sebagai orang yang hobi berinvestasi. Dia sering membeli saham-saham sejumlah perusahaan besar. Salah satunya adalah Freeport.

Selain itu, orang kaya ini juga membeli 5,5 juta saham internet video service provider, Netflix di 2012.

Dia membeli sekitar 10 persen dari total saham perusahaan itu. Dia juga dikabarkan mencoba untuk membeli perusahaan teknologi Dell pada Juli 2013.

Karena hobinya menanam modal di banyak perusahaan, tak lama setelahnya, atau sekitar Agustus, dia juga membeli saham produsen ponsel dan gadget, Apple Inc. Dan masih banyak jajaran perusahaan besar yang di dalamnya terdapat nama Icahn sebagai pemegang saham.

red: abu faza, Senin, 14/12/2015 17:16:25

(nahimunkar.com)

(Dibaca 689 kali, 1 untuk hari ini)