— 5 Fakta Bakso Diduga Berbahan Daging Tikus di Karawang, Agak Asam & Lebih Amis dari Biasa

Tangkapan layar video viral diduga bakso tikus (Foto: Istimewa).

— Pemilik Akun: Saya Sudah Jelaskan ke Polisi

Bandung – Polisi menyelidiki informasi berupa video yang sempat diunggah pemilik akun TikTok @leogirl631 soal bakso yang bentuknya disorot netizen lantaran diduga menggunakan daging tikus. Pemilik akun tersebut sudah didengar keterangannya oleh personel Satreskrim Polres Karawang.
@leogirl631 memercayakan kepada polisi untuk membuktikan komentar netizen di akunnya yang berspekulasi mengenai wujud daging bakso tak biasa itu.

“Masalah ini jangan diperpanjang, karena sudah diserahkan semuanya kepada pihak berwajib. Saya sudah menjelaskan semuanya kepada pihak berwajib,” kata pemilik akun @leogirl631 saat berbincang bersama detikJabar via sambungan telepon, Minggu (8/5/2022).

@leogirl631 menegaskan tak berniat memicu polemik dan tidak bermaksud mencemarkan bisnis dilakoni orang. Bahkan ia pun sengaja menyembunyikan identitas dan lokasi tempat penjual bakso.

Maka itu, dia menyerahkan sepenuhnya penanganan masalah bakso itu kepada polisi. “Semua yang menjalankan tugasnya dari Polres Karawang, bagian Reskrim,” ucap @leogirl631.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Karawang AKP Arief Bustomi mengatakan pihaknya sudah menindaklanjuti viralnya video @leogirl631 terkait dugaan bakso daging tikus.

“Sudah kami kumpulkan barang bukti, berupa sisa makanan atau yang di-posting apakah itu daging, urat ataupun yang lainnya dan ini perlu diteliti oleh ahli perdagingan. Jadi tengah pemeriksaan,” katanya saat dihubungi melalui telepon selular, Minggu (8/5/2022).

Namun, dikarenakan masih dalam kondisi libur Lebaran, pihaknya belum bisa memastikan secara cepat hasil dari pemeriksaan barang bukti tersebut.

“Kendala kami saat ini memang kondisi tengah libur, laboratorium seperti di dinas pangan untuk memeriksa sisa makanannya. Jadi kami belum bisa dengan cepat mendapatkan hasilnya,” terangnya.

(bbn/mso)
Baban Gandapurnama – detikJabar

08 Mei 2022 16:30 WIB

***

5 Fakta Bakso Diduga Berbahan Daging Tikus di Karawang, Agak Asam & Lebih Amis dari Biasa

 

Pemilik akun TikTok @leogirl631 meminta maaf kepada para penjual bakso atas kehebohan yang timbul akibat viralnya video yang ia unggah, yang menampilkan potongan bakso yang diduga terbuat dari daging tikus.

Pemilik akun bernama Kepoya itu meminta maaf lantaran videonya ramai dikomentari khalayak dan diduga menimbulkan kecemasan.

Ia menegaskan bahwa dirinya tidak bermaksud untuk menutup pintu rezeki pedagang bakso di mana pun.

“Saya tidak ada sama sekali maksud untuk menutup rezeki para penjual bakso di manapun berada karena saya sendiri pun sangat suka bakso. Karena saya pada hari itu kaget dan geli dengan apa yang saya lihat dan komentarnya seperti itu. Saya tidak tahu benar apa itu. Semoga saja hasilnya tidak seperti itu,” katanya, Minggu (8/5/2022).

Klarifikasi perempuan yang makan bakso yang diduga berbahan daging tikus. (TikTok/@leogirl631)

Terlepas dari permintaan maaf sang pengunggah video, berikut 5 fakta mengenai bakso yang diduga berbahan daging tikus yang dibeli di wilayah Karawang, Jawa Barat tersebut.

 

1. Ada Daging Berbentuk seperti Ekor Tikus

Video tersebut menjadi viral karena memperlihatkan potongan daging di dalam bakso yang bentuknya memanjang dan keras, dan tidak bisa dipotong dengan sendok.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @leogirl631, bagian itu terlihat jelas saat didekatkan ke kamera dengan menggunakan sendok. Namun saat hendak dipotong dengan sendok, bagian itu tak mau putus.

 

2. Dimakan Pakai Nasi

Malam itu, perempuan tersebut sedang dalam keadaan lapar. Karenanya, ia pun menyantap bakso itu pakai nasi.

Namun setelah mendapati ada potongan daging berbentuk ekor itu, ia langsung berhenti makan dan memuntahkan seluruh isi perutnya. Ia pun mengaku trauma atas kejadian itu.

“Beli baksonya dì karawang, jadi trauma makan bakso. Mana malem itu lagi lapar-laparnya, jadi pake nasi, terpaksa dimuntahin semua sampe perut kosong,” katanya.

3. Bau Amis dan Agak Asem

Menurut penuturan perempuan yang membagikan video tersebut, bakso yang diduga terbuat dari daging tikus itu rasanya agak asam dan lebih amis dari bakso pada umumnya.

Dia juga sudah bertanya kepada orang-orang di wilayah di mana warung bakso itu berada dan banyak yang bilang kalau bakso tersebut diduga kuat mengandung daging tikus.

“Udah aku tanyain ke orang kecamatan terdekat dan minta tolong dicek ke tempatnya. Gak ada niat su’udzon tapi banyak banget yang bilang menjurus ke sana (berbahan daging tikus, -red). Dari rasanya lebih amis dari biasanya dan agak asem gitu kayak kalo bakso terlalu lama direbus (tau rasa karena pengalaman bikin bakso gagal terlalu lama direbus). Cuma gak mau ada korban lagi jika benar terbukti, lebih baik mencegah bukan?” kata perempuan tersebut.

4. Masih Sedang Diselidiki

Perempuan menyampaikan bahwa kandungan bakso tersebut masih sedang diselidiki.

“Kasus ini sudah ditangani dan saya cuman bisa berdoa semoga hasilnya negatif dan bakso tersebut aman,” ujarnya.

5. Jangan Pukul Rata

Setelah viral, perempuan itu lantas menyampaikan klarifikasi melalui akun TikTok-nya. Ia meminta agar khalayak tidak melebih-lebihkan kata-kata yang ia ketik.

“Untuk lokasi pembelian saya tidak bisa memberi tahu dengan detail karena kasih dugaan, belum dikatakan iya benar adanya seperti apa yang dikatakan dalam komentar tersebut,” katanya.

INDOZONE.ID – 08 Mei 2022 16:01 WIB

(nahimunkar.org)