GIMANA SIH?! WNI Dilarang Mudik Ratusan WNA India Yang Lagi Dilanda Tsunami Covid Malah Eksodus Bebas Masuk


Pemerintah Indonesia resmi melarang mudik Lebaran 2021 ini. Namun ternyata ada warga negara asing (WNA) yang eksodus atau ramai-ramai masuk ke Indonesia. Kok bisa?

 

Sebanyak 135 warga negara India tiba di Indonesia dengan dokumen lengkap dan sesuai prosedur hingga lolos dari pengecekan keimigrasian Indonesia. Mereka mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

 

Eksodus warga India terjadi setelah negaranya dihantam pandemi COVID-19. Mereka kemudian ramai-ramai masuk ke Jakarta dan beberapa daerah lain.

 

Kontan, hal tersebut menuai kritik pedas dari masyarakat.

 

Sebab, Indonesia saat ini tengah melarang masyarakat untuk mudik. Namun warga negara asing yang kasus Covid-19 di negaranya sangat tinggi malah diperbolehkan masuk ke Indonesia.

 

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi alias Awiek, menyayangkan sikap imigrasi yang memperbolehkan WN India masuk ke Indonesia.

 

“Kami menyayangkan adanya informasi banyaknya WN India yang eksodus ke wilayah Indonesia di saat India mengalami gelombang kedua Covid-19, dan di saat Indonesia sedang berusaha kuat keluar dari ancaman bahaya Covid-19,” kata Awiek lewat keterangannya, Jumat (23/4/2021).

 

Ia menambahkan, masuknya WN India ke Indonesia tersebut dengan membawa dokumen resmi yang diterbitkan pihak terkait akan menimbulkan spekulasi dan pertanyaan publk.

 

“Di sisi lain pemerintah melarang mudik untuk membatasi pergerakan manusia agar bisa mencegah penukaran Covid-19. Anehnya justru WN India yang di negaranya sedang mengalami tsunami Covid-19 justru boleh datang ke Indonesia,” tambahnya.

 

Anggota Komisi VI DPR RI ini pun meminta kementerian terkait seperti Kemenlu, Kemenkumham, dan Satgas Covid-19 dapat melakukan koordinasi untuk melakukan pencegahan masuknya WNA ke Indonesia di tengah situasi pandemi yang belum mereda ini.

 

Protes Netizen

 

Di sosial media, netizen mempertanyakan dan memprotes sikap pemerintah.

 

“Nah yg begini nih yg makin kacau…jelas2 di India sana lg tsunami covid sampai para medis aja pada demo ga sanggup lg..eehhh di negara kita malah boleh masuk WNA,..pemerintah ohh pemerintah,” komen akun @ecohh di twitter.

Definisi mudik hanya utk yg pulang kampung. Yg melancong itu bukan mudik

Ttd 
Mukidi
🤣🤣🤣

— Den_H45bi (@HasbiBro) April 22, 2021

Padahal India sedang dilanda Tsunami COVID-19…👀
Tapi bebas masuk RI…? 
Sedangkan pribumi dikandangin… 😠

— Yusal_🇮🇩🇰🇼🇹🇷☕☕☕ (@YFakhruzi) April 22, 2021

Nah yg begini nih yg makin kacau…jelas2 di India sana lg tsunami covid sampai para medis aja pada demo ga sanggup lg..eehhh di negara kita malah boleh masuk WNA,..pemerintah ohh pemerintah

— novi (@ecohh) April 23, 2021

[PORTAL-ISLAM.ID] Jumat, 23 April 2021 BERITA NASIONAL

(nahimunkar.org)

(Dibaca 143 kali, 1 untuk hari ini)