CISEENG – bogorOnline.com, Gudang penyimpanan kotak dan surat suara untuk pemilu 17 April 2019 yang berlokasi di Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor terendam banjir. Akibatnya 680 kotak suara berisi dokumen pemilu pileg dan pilpres rusak dan memerlukan penggantian, pada Ahad (14/4/19) malam.

Petugas Linmas Kecamatan Ciseeng, Slamet mengatakan, kejadiannya semalem hujan deras disertai angin puting beliung dan kita begadang semua, eh ga taunya salahsatu pondasi di Puskesmas ada yang jebol.

“Puskesmas berada persis di sebelah, lalu airnya masuk dan kita segera menyelamatkan tumpukan kotak yang berada di atas, sementara kotak yang berada di bawah, sudah ringsek, ditambah saat kejadian, sedang mati lampu, dampak dari mati lampu, sinyal juga menjadi tidak ada, sehingga menghambat proses laporannya,” Ujar Selamet, Senin (15/4/19).

Hingga senin pagi petugas di Gedung serbaguna PGRI Ciseeng yang di jadikan tempat penyimpanan logistik pemilu untuk 10 desa di kecamatan tersebut. Sejak dini hari, petugas melakukan inventarisasi kerusakan yang di timbulkan akibat banjir, dan menghitung jumlah kotak suara dan dokumen berupa surat suara, segel, kertas plano, daftar hadir dan alat coblos yang dapat di pergunakan .

“Ada 1450 kotak suara yang tersimpan di gudang tersebut dan hampir separuhnya harus diganti,” tandasnya.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan, pihaknya menjamin kotak suara dan dokumen pemilu di dalamnya akan segera di ganti, serta terdistribusikan ke 10 desa se Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor.

“Semalam sudah di hitung bahkan hingga pukul 3 dini hari bersama dengan PPK Ciseeng jadi sudah kita tentukan mana yang harus di ganti secepatnya, sebelum hari pencoblosan semua sudah terdistribusikan,” Pungkas Ummi.

Hingga saat ini petugas telah mengevakuasi kotak suara yang dapat di pergunakan di gudang cadangan tidak jauh dari gedung PGRI Ciseeng. Petugas keamanan dari TNI maupun Polri dan penyelenggara pemilu 2019 berjaga 24 jam di lokasi tersebut. (Mul)*/ http://bogoronline.com

(nahimunkar.org)

(Dibaca 137 kali, 1 untuk hari ini)