Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB) Jawa Timur mendesak Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komnas HAM agar tak meluluskan calon-calon yang memiliki ‘cacat moral” menjadi anggota Komnas HAM periode 2012-2017.

Desakan GUIB Jatim ini disampaikan setelah membaca lolosnya nama Dede Oetomo, seorang pegiat homoseksual dan Yulianus Rotteblaut atau dipanggil Mami Yulie, seorang waria sebagai calon Komisioner Komnas HAM dalam seleksi yang dilakukan Pansel.

“Lolosnya Dede Oetomo dan  Yulianus Rotteblaut (Mami Yulie) sebagai Calon Komisioner Komnas HAM dalam seleksi yang dilakukan  Pansel merupakan fenomena yang memperihatinkan mengingat rekam jejak mereka berdua, kendatipun mencalonkan tidak atas nama / mewakili kelompok gay dan waria,” demikian pernyataan pers GUIB yang dikirim ke kantor redaksi hidayatullah.com, Jumat (09/03/2012).

Komisi Nasionak Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), menurut GUIB, adalah lembaga mandiri yang kedudukannya berfungsi melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi terhasa hak asasi manusia (HAM).  Mengingat fungsi yang strategis ini,  maka, Komisioner Komnas HAM haruslah memiliki kompetensi, dedikasi dan integritas moral yang baik di mata masyarakat.

Karena itu, sepatutnya lembaga ini merekrut orang-orang yang dikenal memiliki dedikasi, integritas dan moralitas yang baik yang bisa menjadi tauladan.

Selanjutnya, GUIB juga mendesak panitia seleksi untuk lebih selektif memilih calon komisioner periode mendatang. GUIB juga keberatan jika nama yang disebut itu lolos pada seleksi selanjutnya.

“Bersama ini organisasi massa Islam se-Jawa Timur  dengan tegas  menyampaikan penolakan terhadap Dede Oetomo dan Yulianus Rotteblaut (Mami Yulie) sebagai calon Komisioner Komnas HAM.”

Dalam rilis yang dikirim GUIB didukung lebih dari 45 organisasi. Di antaranya; Nahdhatul Ulama (NU) Jawa Timur, Muhammadiyah Jawa Timur, Hidayatullah, Perhimpunan Al Irsyad, Dewan Dakwah Islamiyah, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), FPI,  Persatuan Islam (PERSIS), Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Pelajar Islam Indonesia (PII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Badan komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Forum Ummat Islam (FUI), Fatayat Nahdhatul Ulama Jawa Timur, Muslimat Nahdhatul Ulama, Nasiatul Aisyiyah, PW Aisyiyah Jawa Timur, Muslimah Hidayatullah, Ikatan Pemuda Muhammadiyah, Keluarga Alumni Masjid Kampus Indonesia (KAMPUSINA), Lembaga Dakwah Islamiyah Indonesia, Majelis Dzikir & Dakwah Islam (MADDIA), Forum Pemuda Sunny Jawa Timur, Al Irsyad Al Islamiyah, Ikatan Da’I Muda Indonesia (IDMI), Gerakan Pemuda Anshor, Ikatan Da’I Indonesia (IKADI).

Sebagaimana diketahui, sebelum ini, pegiat homoseksua, Dr Dede Oetomo dan seorang waria, Mami Yulie telah lolos seleksi administrasi sebagai calon Anggota Komnas HAM periode 2012-2017.*

Rep: Panji Islam
Red: Cholis Akbar Jum’at, 09 Maret 2012 Hidayatullah.com— 
(nahimunkar.com)

(Dibaca 433 kali, 1 untuk hari ini)